Tugas Kampus Ku
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Tugas Kampus untuk DosenKu Mr. Muhamad Danuri, M.Kom


You are not connected. Please login or register

Tugas II Nettiket

+10
PUJI LESTARI
siti mutobiah
GENDUT NUR HALIMAH
MUTMAINAH
Sri hartati
sri aswati
siti muzaenah(4.3)
SRI MARYATI
tri yuliyanti
admin
14 posters

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1Tugas II  Nettiket Empty Tugas II Nettiket Sun Apr 15, 2012 5:23 pm

admin

admin
Admin

Dikumpul disini ...............

https://tugasku.forumid.net

2Tugas II  Nettiket Empty nettiket Sat Apr 21, 2012 10:18 pm

tri yuliyanti

tri yuliyanti

nama : tri yuliyanti
nik : 10010913


NETIKET

Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven

Internet sebagai media interaktif memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini.
Tapi juga internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:

1. Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif,
2. Kita tidak tahu karakter lawan interaktif,
3. Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang.


Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya, di bawah ini khusus untuk berkomunikasi dalam sebuah forum/milis:


1. Jangan Gunakan Huruf Kapital

Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.


2. Kutip Seperlunya

Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.


3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi

Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.


4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax

Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.


5. Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)

Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.


6. Hindari Personal Attack

Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.


7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)

Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.


8. Dilarang menghina Agama :

Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.


9. Cara bertanya yang baik :

1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.



10. Khusus - Netiket di SarapanPagi Biblika :

Dalam SarapanPagi Biblika ini, juga disediakan Forum khusus yaitu FORUM TERBUKA - TANYA-JAWAB, Forum ini bukan sebagai debat antar agama dengan mengkritisi agama lain. Tetapi sebagai diskusi yang baik yang memberikan jawaban-jawaban dan alasan-alasan dari kepercayaan Kristiani. Untuk itu Sahabat-sahabat SP mohon berdiskusi dengan santun penuh kasih dan menjadi tuan rumah yang baik bagi saudara-saudara kita dari kalangan Muslim dan juga kepercayaan lain.

Dalam Forum khusus ini, mohon sahabat-sahabat SP tidak mengarahkan suatu diskusi/ membuat thread yang memperbandingkan kepercayaan Agama lain dengan Kristianitas, membandingkan Kitab Suci Agama lain dengan Alkitab. Karena fokus kita disini sepenuhnya untuk studi Alkitab, dan memberikan jawaban-jawaban seputar pertanyaan mengenai Alkitab saja tanpa mengkritisi kepercayaan dari agama lain.


Demikian, agar NETIKET ini dapat menjadi acuan kita dalam berdiskusi di Forum SarapanPagi Biblika ini.
I love you I love you I love you cherry cherry


Blessings,
SarapanPagi.org[b][i]



Terakhir diubah oleh tri yuliyanti tanggal Sat May 19, 2012 11:53 pm, total 1 kali diubah

3Tugas II  Nettiket Empty TUGAS II EBISPRO : NETIKET Sun Apr 22, 2012 1:19 pm

SRI MARYATI

SRI MARYATI

rendeer rendeer rendeer Laughing Laughing rendeer rendeer rendeer

NAMA : SRI MARYATI
NIM : 10010916
PROGDI: DMI 4.3


NETIKET

Netiket yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Netiquette (short for “network etiquette” or “Internet etiquette”), merupakan tata cara etika dalam berinteraksi sosial didunia maya.

Jika ada yang beranggapan bahwa didunia maya ini bisa berekspresi sebebas-bebasnya maka itu adalah anggapan yang salah besar. Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada undang-undang ITE yang mengatur prilaku para netter Indonesia.

Dengan semakin mudahnya memperoleh akses internet, dan semakin menjamurnya media sosial seperti facebook, forum, dan blog, maka semakin banyak pula bermunculan komunitas-komunitas dunia maya, baik itu terkumpul di grup-grup facebook, atau pun di forum-forum diskusi. Tapi masih sedikit yang tahu tentang netiket dalam berinteraksi.

Dibawah ini ada daftar netiket yang perlu diperhatikan pada saat kita berinteraksi di dunia maya, baik itu di forum, grup-grup facebook, blog, milis dan media komunitas lainnya.

Netiket:

  • Jangan Menggunakan Huruf Kapital Semua.
    Huruf kapital atau huruf besar semua didunia maya dianggap sebagai ungkapan emosi penulis yang sedang marah, atau berteriak.Tapi penggunanaan huruf kapital tentu saja tidak dilarang, ada pada saat tertentu huruf kapital digunakan untuk melakukan penekanan KATA pada bagian tertentu.

    Yang perlu dihindari adalah menggunakan SEMUA atau sebagian besar kalimat paragraf menggunakan huruf besar, karena kita akan dianggap BERTERIAK.

  • Jangan menggunakan Tanda Seru (!) secara berlebihan
    Sama seperti huruf kapital, tanda seru juga dianalogikan emosi, atau berteriak.
    Juga jika dianalogikan nada memerintah, merupakan sesuatu yang tidak patut dilakukan pada komunitas.

  • Kutip Seperlunya
    Yang ini sering ditemui diforum-forum juga di milis atau email, ada orang yang mengutip keseluruhan postingan atau komentar orang yang panjang, kemudian menambahkan SATU BARIS postingannya atau komentarnya.Hal-hal seperti ini sebaiknya dihindari, efeknya selain orang merasa tertipu (disangka bakal dapat pencerahan) ternyata cuma dapat satu baris saja penambahan.. misal: hehehe… atau ane setuju gan.. :toe:

    Cukup kutip seperlunya saja.

  • PM atau INBOX
    Jika ada orang yang mengirim pesan pribadi kepada kita, baik itu melalui inbox ataupun fasilitas PM, jangan sekali-kali diumbar di forum terbuka.Sebab tujuan PM atau INBOX itu bersifat privacy atau priveledge itu hanya komunikasi dua arah.

  • Berhati-hatilah dalam memberi informasi
    Tidak semua informasi yang beredar di internet adalah benar, sebagian tergolong kedalam kategori berita bohong atau HOAX atau SPAM.Maka, sebelum kita mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin kita kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka kita dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar kitapun akan hilang.

  • Diluar TOPIK
    Jika kita berbicara diluar topik yang sedang didiskusikan, berikan tanda bahwa komen atau posting kita itu out of topic (OOT), supaya alur diskusi tidak menjadi rancu.

  • Hindari Personal Attack
    Ketika kita tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali kita menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya.Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan kita.

    Lawan argumentasi hanya dengan data dan fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang kita benci.

    Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir (meski saya secara pribadi belum pernah lihat kusir berdebat, tapi begitulah yang sering dibilang orang) :haha:

  • Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message) atau INBOX
    Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri.Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif.

    Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Kita boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.

  • Dilarang SARA
    Maksudnya dilarang menghina Suku, Agama, dan Ras tertentu.

  • Attachment Email
    Jangan mengirim attahment email yang berukuran besar KECUALI diminta.File yang besar akan mengakibatkan quota email orang yang kita tuju akan cepat habis, juga mengganggu bandwith server ataupun koneksi terlebih lagi jika kita menggunakan koneksi secara bersama-sama.

  • Sumber Tulisan
    Jika kita “mengutip atau copy paste” suatu tulisan, jangan sekali-sekali kita mengakuinya sebagai tulisan asli dari kita.
    Berikan link aslinya ataupun jika tidak ingat link aslinya berikan nama pengarang aslinya.Ini akan memberikan kita posisi yang lebih kredibel dimata komunitas.

  • Bertanya
    Jika kita bertanya baik itu diforum, grup, blog, milis dan lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:


  • Menggunakan Bahasa yang Sopan.
    Perlu diingat, ketika kita bertanya ke forum, grup ataupun milis, mereka yang akan menjawab itu tidak dibayar.Motivasi mereka menajawab itu bisa sukarela, sharing pengetahuan, nyari amal, atau sekedar iseng mengisi waktu luang disela kesibukan mereka didunia nyata.

  • Jangan beranggapan kalau kita bertanya kita berhak segera mendapat jawaban, atau jawaban.
    Alasannya? Sama seperti yang no 1 tadi.

  • Jika bertanya, jelaskan secara detil permasalahan yang sedang dihadapi.
    Netter bukan dukun, paranormal atau cenayang yang katanya ngaku bisa tau isi hati maksud orang lain walau tanpa dijelaskan.Pertanyaan kita yang detail lebih punya peluang untuk segera dijawab oleh komunitas atau tempat kita bertanya, sebab jika pertanyaannya terlalu umum biasanya orang malas untuk menjawabnya, paling banter disuruh “googling” alias nanya mbah google.

  • Pertanyaan harus informatif, tidak asal panjang lebar, apalagi kalau tidak sesuai judul dan isi pertanyaan, biasanya langsung di abaikan oleh mereka yang kompeten menjawabnya.

  • Tulisan pertanyaan sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dibaca dan dimengerti. J1qa bertaX men99un4k4n tlsn 4lay a/ mod3l tlsn sms, jgn h4rap aq4n sgr dij4wb

Intinya etika dalam dunia maya tidak jauh berbeda dengan etika di dunia nyata.



Sumber:
http://suryawardana.com/internet/netiket/#ixzz1skASQzWH


study study study study study study study [justify]

http://marchtys27.blogspot.com

4Tugas II  Nettiket Empty Re: Tugas II Nettiket Sun Apr 22, 2012 2:28 pm

siti muzaenah(4.3)

siti muzaenah(4.3)

SITI MUZAENAH(10010885)

Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit.
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak- teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Para pemula di dunia internet seringkali tanpa sadar melakukan kesalahan hanya karena belum mengetahui etika ber-internet. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin bergabung ke internet perlu mengetahui dan mematuhi prinsip=prinsip netiquette ( Shea, 2004 ) berikut :
1.Empati dan solidaritas.
Dalam ber-internet, pengguna memang tidak bertatp muka secara langsung dengan manusia lain.
Namun, jangan sampai pengguna seakan dapat berbuat seenak sendiri tanpa memperdulikan pengguna lain. Oleh karena itu, para pengguna sudah selayaknya tetap berempati terhadap pengguna lain. Kemudian, mereka pun harus menjaga solidaritas komunitas seperti layaknya di dunia nyata.
2. Teliti sebelum menceburkan diri
Internet terdiri atas berbagai kelompok dan tiap kelompok memiliki budaya berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum masuk ke dalam suatu kelompok selodikilah dulu budayanya. Jadi, kita tidak salah masuk kelompok atau menyalahi budaya kelompok setempat.
3. Berpenampilan baik ala internet
Sebagian besar komunikasi di internet dilakukan secara tekstual. Oleh karena itu, manusia dinilai dari hasil tulisannya. Seperti layaknya berdandan secara pantas dan sesuai acara yang akan dihadiri, hendaknya pengguna internet menulis hal-hal yang pantas dan sesuai dengan konteks di mana ia mengeposkan tulisannya. Apalagi bila ia melakukan video conferencing, hendaknya memperhatikan penampilan fisik pula karena dapat terlihat oleh orang di sisi lain.
4. Menghormati privasi
Manusia di dunia maya pun memiliki privasi yang tidak ingin dilanggar. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna internet saling menghormati privasi dengan tidak menerobos masuk ke dalam wilayah pribadi orang lain.
5. Tidak menyalahgunakan kekuasaan
Beberapa anggota komunitas internet memiliki kekuasaan lebih tinggi daripada yang lain. Lebih lanjut, mereka hendaknya tidak menggunakan secara semena-mena. Misalnya, administrator forum tidak diperkenankan dengan seenaknya menghentikan keanggotaan seorang anggota forum tanpa ada alasan jelas.
6. Memaafkan kesalahan
Bila orang lain melakukan kesalahan kecil, misalnya salah tata bahasa, maafkanlah. Jangan berusaha membesarkan masalah, tetapi lebih baik berusaha memperbaiki masalah. Hal seperti ini berlaku pula untuk diri sendiri. Jangan hanya karena telah melakukan kesalahan, kita lantas berhenti ber-internet. Belajar dari kesalahan akan meningkatkan kemampuan ber-internet.
7. Berbagi pengetahuan
Komunitas internet pada awalnya tercipta karena keinginan untuk berbagi pengetahuan. Oleh karena itu, kita tidak perlu takut akan minder untuk membagikan opini, pengetahuan atau pengalaman di dalam internet. Siapa tahu, hal yagn mungkin dipandang sederhana oleh satu anggota komunitas internet ternyata amat brharga bagi anggota lain.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette
http://naza-blog.blogspot.com/2011/10/apa-itu-netiquette.html


cyclops Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven cyclops



Terakhir diubah oleh siti muzaenah(4.3) tanggal Tue May 08, 2012 8:20 pm, total 2 kali diubah

5Tugas II  Nettiket Empty tugas II nettiquet Tue Apr 24, 2012 9:04 pm

sri aswati

sri aswati

pengertian nettiquet Arrow Arrow Arrow Arrow Arrow Arrow
Spoiler:
http://dokterbagus.com/2011/05/21/netiquette-2/

6Tugas II  Nettiket Empty Re: Tugas II Nettiket Sat Apr 28, 2012 7:10 pm

Sri hartati



sri hartati/10010887 Surprised Surprised Surprised Surprised Surprised Arrow Arrow

pengertian etika berinternet (netiket) dan dunia maya
Didasari dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan didorong
dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat dengan keterbatasan
ruang dan waktu maka terbentuklah sebuah media yang dapat mempermudah
masyarakat untuk menjalin komunikasi dan berinteraksi, yaitu media Internet
yang sering disebut dengan dunia maya. Dunia firtual ini atau dunia maya
merupakan dunia kedua setelah dunia nyata.untuk melakukan segala rutinitas
dan aktifitas yang tidak memungkinkan kita berada di dua tempat sekaligus.
  Dunia maya merupakan salah satu fasilitas yang digunakan untuk berbagi
kegiatan atau aktifitas seperti yang di lakukan di dunia nyata, oleh sebab itu
dikarenakan banyak kesamaan antara dunia nyata dengan dunia maya maka
perlu adanya etika dalam berkehidupan didalam kedua dunia tersebut. Etika
yang bersumber dari masyarakat untuk berkehidupan bermasyarakat. Karena
dunia maya semakin berkembang pesat sehingga tidak adanya batasan
komunikasi yang disebabkan tidak adanya pertemuan secara langsung namun
kini telah di temukan  kembali sebuah teknologi atau fasilitas yang dapat
menunjang hal tersebut misalnya Webcam, sehingga terjadi interaksi langsung
antara individu yang satu dengan yang lainnya.






 1. Pengertian Dunia Maya 
Dunia Maya atau yang sering disebut dengan Media Maya atau internet
adalah salah satu media atau dunia firtual yang sengaja dibuat untuk
mempermudah pekerjaan manusia atau interaksi antara satu orang dengan
orang lainnya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat kebutuhan
yang beragam, sehingga Internet lebih cenderung disebut dengan Dunia Maya
atau Cyber World, dengan fungsi yang beragam antara lain :
a.  Menghubungkan orang dengan komputer, contohnya; Remote
connections untuk pengecekan terhadap sekian banyak servers (belasan)
yang tersebar dibeberapa tempat (kota dan negara)
b.  Menghubungkan komputer dengan komputer, contohnya; Remote
connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan jaringan LAN di
network tertentu
c.  Menghubungkan orang dengan bank, contohnya; Internet Banking
dsb.

2.  Pengertian Etika 
Pengertian etika. Etika berasal dari bahasa latin, Etica yang berarti
falsafah moral dan merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari
sudut pandang budaya, susila dan agama. Etika berasal  dari bahasa Yunani
yaitu Ethos yang berarti kebiasaan, watak. Etika memiliki banyak makna antara
lain :
a.  Makna pertama : semangat khas kelompok tertentu, misalnya ethos
kerja, kode etik kelompok profesi.
b. Makna kedua : norma-norma yang dianut oleh kelompok, golongan
masyarakat tertentu mengenai perbuatan yang baik-benar.
c.  Makna ketiga : studi tentang  prinsip-prinsip perilaku yang baik dan
benar sebagai falsafat moral. Etika sebagai refleksi  kritis dan rasional
tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia.
 
Etika juga memiliki pengertian arti yang berbeda-beda jika dilihat dari
sudut pandang pengguna yang berbeda dari istilah itu. Bagi ahli falsafah, etika
adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas. Moralitas adalah ha-hal yang 6
menyangkut moral, dan moral adalah sistem tentang motivasi, perilaku dan
perbuatan manusia yang dianggap baik atau buruk.
Bagi sosiolog, etika adalah adat, kebiasaan dan perilaku orang-orang dari
lingkungan budaya tertentu. Bagi praktisi profesional termasuk dokter dan
tenaga kesehatan lainnya etika berarti kewajiban dan tanggung jawab
memenuhi harapan profesi dan masyarakat, serta bertindak dengan cara-cara
yang profesional,
  Bagi eksekutif puncak rumah sakit, etika seharusnya berarti kewajiban
dan tanggung jawab khusus terhadap pasien dan klien lain, terhadap organisasi
dan staff, terhadap diri sendiri dan profesi, terhadap pemrintah dan pada tingkat
akhir walaupun tidak langsung terhadap masyarakat.
Bagi asosiasi profesi, etika adalah kesepakatan bersama  dan pedoman
untuk diterapkan dan dipatuhi semua anggota asosiasi tentang apa yang dinilai
baik dan buruk dalam pelaksanaan dan pelayanan profesi itu.
3.  Hubungan Etika dengan Dunia Maya 
Etika  di Internet dikenal dengan istilah Netiquette (Network Etiquette),
yaitu semacam tatakrama dalam menggunakan Internet. Etika , lebih erat
kaitannya dengan kepribadian masing-masing. Jadi tak semua pengguna
Internet mentaati aturan tersebut. Namun ada baiknya jika kita mengetahui dan
menerapkannya. Dibawah ini ada beberapa etika yang dapat diterapkan secara
Umum antara lain:
a.  Kesan Pertama di Tangan Anda
Di dunia nyata, orang seringkali menilai seseorang dari penampilan,
sebelum mengetahui perangai yang sebenarnya. Oleh karena itu,
banyak yang mengutamakan penampilan untuk mendapatkan kesan
terbaik.
Tangan Anda akan menghasilkan tulisan yang memberikan kesan pada
orang lain. Tulisan yang ringkas, jelas, tetapi menggunakan tata bahasa
yang benar akan lebih dihargai daripada tulisan yang asal ketik. Di
Internet, editor tulisan Anda adalah Anda sendiri. Pengetahuan dasar
tata bahasa akan menjadi modal anda ketika ber-internet.

etiket adalah sebuah aturan (tak resmi) tentang tata krama, adab, sopan
santun yang dilakukan “manusia-manusia” di Jagat Internet ketika
berkomunikasi satu dengan lainnya, entah itu one to one cummunication,
atapun one to many communication. Sudah diketahui bersama bahwa
Interaksi antar manusia yang terjadi di jagat Internet itu tidak
mempertemukan para pelaku secara face to face. Pengidentifikasian
lawan bicara (apalagi lawan bicara yang anonymous) dilakukan dengan
melihat bagaimana tulisannya, seperti apa cara dia menanggapi tulisan
orang lain dan bbrapa teknik “melihat” yg lainnya.
Blog seseorang bisa menjadi sarana efektif untuk membaca/mengidentifikasi
jatidiri dan kepribadian orang yang bersangkutan. Ketika anda membaca
postingan ini, anda sebenarnya juga sedang “membaca” saya dan pikiran
anda sedang menerka-nerka orang seperti apakah saya (bkn scra fisik y.. ).
Ok, kita perluas lagi. NETIKET juga berlaku di forum diskusi legal, akademik,
dsb. Dalam artian bahwa para pelaku di situ memang sudah diketahui
jatidirinya. NETIKET yang berlaku di sini lebih kepada sopan santun ketika
menyampaikan informasi, opini, tidak OOT (Out Of Topic), tdk mengganggu
privasi orang lain (termasuk nge-Gosip.. ), tidak menggunakan data
secara serampangan (plagiat-red), tidak mnggunakan kata-kata yang ambigu
(apalagi jika trdapat informasi pnting) serta tidak menyakiti perasaan orang
/kelompok lain.
Beberapa NETIKET yang umum di Jagat Internet:
1.Tidak menggunakan huruf KAPITAL berlebihan pada postingan/ email/
artikel yang anda buat, apalagi bila isinya adalah sebuah tulisan yang serius.
Pada dunia nyata, tindakan anda tersebut bisa dianalogikan sebagai
seseorang yang sedang berteriak atau bermaksud mendapatkan perhatian
penuh dari lawan bicara.
2.Tidak menggunakan kata-kata kasar, berbau p*rn*, atau kata-kata yang menyakitkan hati suatu golongan.
3.”Membaca” situasi forum, dsb. apakah tepat atau tidak sebuah tulisan/opini dipublish. Tidak sopan kan jika membahas seputar p*rn*grafi di
forum diskusi akademis?!
4.Tidak menggunakan tanda baca secara serampangan. Penggunaan tanda baca tertentu akan memberikan ilustrasi kepada pembaca, seperti apakah
anda dan dalam kondisi seperti apa anda ketika memposting suatu tulisan.
5.Tidak menggunakan warna berlebihan (rame) pada tulisan ternetu yang
dipublish dilokasi tertentu. Tidak sopan kan jika memposting pertanyaan
(misal) ke forum cyber akademik sekolah dengan tampilan huruf beraneka
ragam?!
6.Pemilihan kata. Pada komunitas tertentu di dunia cyber, penggunaan
kata-kata gaul, “gw”, “”, dsb. tidak layak dipakai jika dibandingkan dengan
kata-kata yang lebih formal seperti “saya”, “anda”, dsb.
7.Pemakaian Subject yang Jelas dan singkat pada Milist, Artikel, dsb di dunia maya serta hendaknya sesuai dengan isinya.
8.Pada Milist, pemotongan thread/topik pembicaraan juga sering dirasakan tidak memiliki NETIKET.
9.Tidak mengganggu privasi orang lain ketika ada di forum, dsb.
Tentu, NETIKET hanyalah sebuah aturan (yang tidak mampu mengikat), siapa
saja sangat mungkin tidak menggunakannya ketika berinteraksi di dunia cyber.
Diacuhkan, dikritik, dimarahi, diumpat hingga dikucilkan dari forum/pembicaraan
di Internet adalah beberapa akibat yang akan anda rasakan jika anda tidak
memakai NETIKET selama berselancar di Lautan Maya.


sumber :neutronblogspot
kangmasjukiblogspot.com

7Tugas II  Nettiket Empty NETTIKET Sat Apr 28, 2012 9:08 pm

MUTMAINAH

MUTMAINAH


NAMA : MUTMAINAH
NIK :10010877


Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven

12 Tips Netiket (Nettiquette)
Spoiler:

Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

8Tugas II  Nettiket Empty NETTIKET Sat Apr 28, 2012 11:07 pm

GENDUT NUR HALIMAH



NAMA : NURHALIMAH
NIK : 10010880
Spoiler:



Terakhir diubah oleh GENDUT NUR HALIMAH tanggal Sun Jun 03, 2012 1:12 pm, total 1 kali diubah

9Tugas II  Nettiket Empty Tugas II Sun Apr 29, 2012 12:35 pm

siti mutobiah

siti mutobiah

[color=violet]siti mutobiah/10010884

Spoiler:
sumber:kutubuku.web.id/2511/apakah-arti-netiquette

10Tugas II  Nettiket Empty ATURAN DAN PRINSIP NETIKET Sun Apr 29, 2012 1:48 pm

PUJI LESTARI

PUJI LESTARI

Nama :PUJI LESTARI
Nim :10010882

study study study study study study

Netiquette adalah seperangkat konvensi sosial yang memfasilitasi interaksi di jaringan, mulai dari Usenet dan mailing list untuk blog dan forum. Namun, seperti banyak fenomena internet, konsep dan aplikasinya tetap dalam keadaan fluks, dan bervariasi dari masyarakat untuk masyarakat. Poin yang paling sangat menekankan tentang netiket USENET sering termasuk sederhana dengan menggunakan tanda tangan elektronik, dan menghindari multiposting, cross-posting, di luar topik posting, pembajakan sebuah diskusi, dan teknik lain yang digunakan untuk memperkecil usaha yang diperlukan untuk membaca posting atau thread.

Aturan netiquette ini dijelaskan dalam IETF RFC 1855.

Nah dibawah ini beberapa etika dalam menggunakan internet baik itu dalam forum diskusi, email, serta menulis blog….

1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.

2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum tersebut menjadi terganggu.

Ini berlaku juga untuk fasilitas reply pada e-mail, terlebih jika anda aktif dalam suatu milis. Ketika anda meng-klik tombol “Reply”, umumnya sebagian besar program mailer akan menulis ulang pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam kotak surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan ambillah (sebagai kutipan) bagian yang relevan dengan jawaban anda saja.

3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum, kelompok grup, atau milis.

4. Hati-hati Dalam Mem-forward
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.

5. Jangan Gunakan “CC”
Ketika mengirim e-mail ke sejumlah orang, jangan cantumkan nama-nama pada kolom “CC“. Jika anda melakukan hal itu –biasa disebut cross posting–, semua orang yang menerima e-mail anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Gunakanlah selalu “BCC“. Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.

6. Jangan Sembarangan Menggunakan Format HTML
Jika anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program e-mail rekan anda bisa membaca kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaliknya, gunakanlah format plain text.

7. Jangan Kirim File (berukuran besar) Melalui Attachment
Peraturan e-mail secara internasional melarang transfer file melalui e-mail, apalagi di dalam milis. Jangan pernah membayangkan, rekan anda atau anggota milis yang lain memiliki mailbox/hard disk yang cukup seperti anda. Pada umumnya penyedia jasa internet (ISP) di Indonesia ‘hanya’ memberi quota space 2-5 MB. Pengiriman file yang besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas menambah beban pulsa.

Saat file melebihi kuota, maka proses downloading praktis terganggu. Jika ini terjadi, anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail, yang di dalam dunia internet, dianggap sebagai tindakan kriminal.

Jika memang harus melakukan transfer file, sebaiknya minta izin dulu, bahwa anda akan mengirim file, sekaligus jelaskan besar file-nya. Setelah rekan anda setuju, barulah kirim melalui attachment. Tapi untuk lebih amannya, gunakanlah situs yang khusus menyediakan jasa transfer file ini. Selain praktis, semua rekan anda pun bisa menentukan pilihan, ingin ikut mengunduh atau tidak, tanpa perlu risau e-mailnya terganggu. Toh sudah banyak situs-situs gratisannya.

8. Ketika ‘Harus’ Menyimpang Dari Topik
Tiap milis/forum tentu memiliki peraturan khusus mengenai obyek bahasan yang diperkenankan. Sehingga tatkala anda ingin menyampaikan/meminta sebuah informasi di luar topik yang telah ditentukan, sepatutnya sertakan pula tanda khusus pada kolom subyek e-mail anda agar anggota milis yang lain tidak terkecoh dengan isi e-mail anda. Contohnya, ketika ingin menyampaikan lowongan pekerjaan di milis yang khusus membahas tentang software:
[OOT] Loker di PT. Software Citra Kencana, Membutuhkan Programmer.

9. Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan debat sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang anda benci. Budayakan sikap debat ilmiah, bukan debat kusir.

10. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.

11. Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis
Jangan sekali-kali mengakui tulisan orang lain sebagai hasil karya pribadi anda. Walaupun tulisan itu telah anda revisi sedemikian rupa, namun mau tidak mau anda telah mengadaptasi dari milik orang lain. Oleh karenanya, anda harus mencantumkan sumber referensi tersebut. Bila anda mengutip dari sebuah situs, maka cantumkanlah nama/alamat situs tersebut. Begitupun bila situs itu ternyata juga boleh mengutip dari sumber lain yang merupakan penulis aslinya, maka anda harus mencantumkan kedua sumber tersebut, penulis asli dan situs tempat anda mengutip.

12. Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy Sebuah Situs
Walaupun sangat mudah untuk mengintip source code sebuah situs, tapi secara etika setidaknya anda komunikasikan terlebih dahulu dengan web master yang bersangkutan. Malah, hal ini justru bisa memberikan keuntungan lebih. Ketika sang web master menyambut baik ‘permohonan ijin’ anda untuk mempelajari source code-nya dan ada hal yang tidak anda pahami, menjadi sangat mudah untuk bertanya kepadanya.

Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

* Apakah ada ketentuan Copyright?
* Apakah pemilik mengijinkan anda menyalinnya untuk penggunaan pribadi? -> Jangan mengkomersilkan!
* Jangan sampai membebani bandwith server, baik bandwith situs atau bandwith jaringan anda. Lebih-lebih jika anda mengunduh dari tempat umum seperti warnet, maka sebaiknya jangan mengunduh pada waktu-waktu sibuk. Pembebanan bandwith secara berlebihan akan membuat situs down dan mengganggu akses pengguna lain dalam jaringan yang sama dengan anda.
* Jangan mencuri data yang bersifat pribadi seperti e-mail atau data rahasia perusahaan yang memang tidak diperuntukkan kepada khalayak.

Selamat Ber internet yang ber etika ya… Smile
VN:F [1.6.8_931]

lol! lol! lol! lol! lol! lol!
[justify]



Terakhir diubah oleh PUJI LESTARI tanggal Sun May 06, 2012 7:05 pm, total 1 kali diubah

11Tugas II  Nettiket Empty Pengertian Netiquette dan Contoh Kasusnya Sun Apr 29, 2012 1:49 pm

SUGITO MI



Nama : Sugito
NIM : 10010888

b]PENGERTIAN NETIQUITTE DAN CONTOH KASUSNYA [/b]

Spoiler:

tri_hasta

tri_hasta

study afro Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven afro study

Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven ETIKA BERINTERNET Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven Like a Star @ heaven

Internet sebagai media interaktif memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di bumi ini.
Tapi juga internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:
1. Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif,
2. Kita tidak tahu karakter lawan interaktif,
3. Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang.


Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya, di bawah ini khusus untuk berkomunikasi dalam sebuah forum/milis:

1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.

2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.

3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.

4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.

5. Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)
Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.

6. Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.

7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.

8. Dilarang menghina Agama :
Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.

9. Cara bertanya yang baik :
1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan

Ulasan

Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya.Beretika sangatlah penting bagi pengguna internet karena banyak sekali hal-hal yang dapat merugikan orang banyak karena kurangnya seseorang dalam bersikap di dunia maya terutama dalam hal berbahasa dan huruf karena bahasa dan huruf sangatlah mempengaruhi seseorang dalam menggunakan internet sperti cahating, menuliskan komentar dan membuat tulisan didalam blog,sangat disayangkan jika tulisan kita dinilai sangat buruk akibat bahasa dan huruf yang digunakan tidak baik atau dapat menyinggung orang laindan adapun hal-hal yang harus di perhatikan dalam etika berinternet yaitu:

10. Khusus - Netiket di SarapanPagi Biblika :

Dalam SarapanPagi Biblika ini, juga disediakan Forum khusus yaitu FORUM TERBUKA - TANYA-JAWAB, Forum ini bukan sebagai debat antar agama dengan mengkritisi agama lain. Tetapi sebagai diskusi yang baik yang memberikan jawaban-jawaban dan alasan-alasan dari kepercayaan Kristiani. Untuk itu Sahabat-sahabat SP mohon berdiskusi dengan santun penuh kasih dan menjadi tuan rumah yang baik bagi saudara-saudara kita dari kalangan Muslim dan juga kepercayaan lain.

Dalam Forum khusus ini, mohon sahabat-sahabat SP tidak mengarahkan suatu diskusi/ membuat thread yang memperbandingkan kepercayaan Agama lain dengan Kristianitas, membandingkan Kitab Suci Agama lain dengan Alkitab. Karena fokus kita disini sepenuhnya untuk studi Alkitab, dan memberikan jawaban-jawaban seputar pertanyaan mengenai Alkitab saja tanpa mengkritisi kepercayaan dari agama lain.
Cool
From : Blessings,
SarapanPagi.org


Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool Cool



Terakhir diubah oleh tri_hasta tanggal Thu May 31, 2012 8:51 pm, total 2 kali diubah

13Tugas II  Nettiket Empty Sopan Santun dan Etika Menulis Email Sun May 20, 2012 2:22 pm

risma

risma

Risma Fitriyanti
10010883
Question Question Question Question Question Question

[color=blue]Sopan Santun dan Etika Menulis Email[/color]
Dalam menulis email kepada teman akrab kita, mungkin kita tidak memerlukan sopan santun dan etika yang terlalu kaku. Namun terkadang, etika dan sopan santun dalam menulis email diperlukan dalam beberapa hal. Misalnya dalam menulis email kepada dosen, kita tidak bisa sembarangan menyamakannya seperti menulis email kepada teman. Contoh lain adalah surat bisnis. Tanpa etika dan sopan santun kepada rekan bisnis yang kita hormati, bisa-bisa goodwill atau nama kita yang menjadi taruhan.

Berikut ini beberapa tips dalam menulis email yang cukup beretika.

1. Kenali dengan siapa anda bicara
Salah satu siasat perang Tzun Zu (atau Shin Zui ya? ) yang sering kangmoes dengar adalah “kenali dirimu dan kenali lawanmu maka kau akan selamat dalam pertempuran”. Mengenali lawan bicara kita akan membuat kita lebih berhati-hati dalam menulis. Jika belum mengenali siapa lawan bicara (atau lebih tepatnya lawan menulis ya?), gunakan bahasa yang umum. Tidak gaul dan sedikit resmi tidak masalah yang penting tidak menimbulkan masalah.

2. Jangan gunakan huruf kapital semua
Di dunia internet, komunikasi yang paling umum digunakan adalah menggunakan teks. Jadi tidak ada intonasi yang bisa membedakan orang itu sedang bercanda, santai, marah, atau jengkel. Jadi kita harus hati-hati dalam menggunakan tanda baca seperti tanda seru, titik-titik, dan yang lainnya. Salah satu hal yang patut kita hindari dalam menulis email yang sopan dan beretika adalah menggunakan huruf kapital semua. Secara pribadi, kangmoes sendiri pernah ditegur oleh seorang rekan bisnis kangmoes karena menulis dengan huruf kapital semua. Tapi Alhamdulillah rekan bisnis kangmoes tersebut berjiwa besar. Tidak langsung marah-marah. Tapi menasehati dengan bijaksana. Kangmoes berdoa agar mendapat ketenangan hati seperti rekan kangmoes itu dalam menyikapi masalah.

3. Jangan lebay (berlebihan)
Lebay adalah bahasa gaul yang saat ini sedang ngetrend. Jadi tidak perlu kangmoes sebutkan pun, kangmoes yakin anda pasti sudah tahu bahwa arti kata lebay adalah berlebihan . (Loh kok malah disebutin kang?)
Berlebihan dalam memakai tanda baca dan huruf. Biasanya anak2 remaja yang menggunakan “teknik” ini. Entah biar gaul atau apa namanya. Yang mereka lakukan adalah mengkombinasi huruf dengan angka dan tanda baca sulit seperti ini:
k4p4n l@g! m@3n c3 Z06za? (kapan lagi maen ke jogja?)
7@m b12apa? (jam berapa?)
bagi sebagain orang mungkin menganggap paduan huruf dan simbol diatas membuat tulisan menjadi lebih menarik. Tapi dari pengalaman kangmoes, tak sedikit pula orang yang uring-uringan mendapat SMS seperti diatas. Bisa rumit kalau urusan bisnis menggunakan teknik seperti di atas. Misalnya jika SMS berkaitan dengan nomor rekening dan jumlah uang yang perlu ditransfer.

4. Jangan gunakan alamat email yang sulit
Andaikan pertama kali anda membeli nomor HP disodori 2 pilihan nomor dengan harga yang sama, anda pilih mana:
A. 0812 1000 000
B. 0897 3095 1282
Kangmoes yakin akan banyak yang memilih opsi A. Mengapa? Karena mudah di hapal. Dan mudah di ucapkan.
Tapi kenyataan sepertinya tidak berlaku bagi para pembuat email terutama anak muda. Misalkan namanya: Agus Santoso, alih-alih menggunakan agus.santoso@domain.com yang lebih mudah di hapal dan diucapkan. Atas nama kreatifitas dan mengekspresikan diri, anak-anak muda terkadang lebih suka menggunakan a60es.13a60es@domain.com yang notabene sering membuat orang salah ketik. Padahal seperti nomor HP, salah satu huruf saja dalam menulis alamat email, jangan harap email yang dikirim akan sampai.
Dari segi etika dan sopan santun dalam menulis email, memang poin nomor 4 diatas tidak begitu besar urgensinya dibandingkan dengan poin-poin sebelumnya. Namun kangmoes merasa bahwa jika digunakan untuk tujuan bisnis, lebih sopan jika kita menggunakan alamat email dengan format yang pertama. Jadi untuk tujuan bisnis dan komunikasi denagn orang penting (dosen, misalnya) tidak ada ruginya jika kita membuat alamat email yang mudah diingat, sekedar untuk menunjukkan sedikit sopan santun dan etika dalam menulis email.


sumber: kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.tips/sopan-santun-dan-etika-menulis-email

14Tugas II  Nettiket Empty lasmi(10010902) tugas 2 Tue Jun 05, 2012 9:17 pm

lasmi

lasmi

Netiquette
Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan orang tatap muka.

Fungsi
Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.

Manfaat
Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak.

Fitur
Fitur dari netiket dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi kelompok, seperti email massal.

Identifikasi
Bila pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat mungkin telah menerima aturan netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari komunitas web untuk mengambil pada netiket diterima.

Pertimbangan
Beberapa pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.

Netiket Email
Berkirim email, etikanya sebenarnya sama dengan
seperti kalau kita berkirim surat biasa pada umumnya :
 Kirimkanlah email secara singkat, padat dan langsung “to the point”.
 Jangan mengirim attachment yang terlalu besar.
 Jangan mem-forward sebuah CC atau BCC email.
 Jangan menggunakan “Caps Lock” atau huruf kapital.
 Jangan menghapus rekam jejak email.
 Tidak boleh mem-forward dengan mengubah isi emailnya.
 Jangan sering mem-BCC orang lain.

Netiket Chatting
Chatting merupakan fasilitas kumunikasi langsung dengan tulisan. Saat ini chatting sudah bias di barengi dengan fasilitas lain yaitu dengan video cam shg disamping bercakap cakap dengan tulisan bias dengan suara dan gambar
 Tidak memberikan informasi pribadi apapun, kepada orang yang belum andakenal, Tidak menggunakan nama asli sebagai nickname anda
 Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang yang satu kota dengan anda, kalau anda tidak benar-benar mengenal orang tersebut
 Jangan pernah mengetik percakapan menggunakan HURUF BESAR, karena akan dianggap sebagai teriakan
 Jangan pernah kata-kata anda berisi informasi yang tidak bermakna,
 Jangan pernah menggunakan kata-kata yang tidak senonoh (tidak sopan),
 Jangan pernah melayani teman chatting yang menggunakan kata kasar atau tidak sopan

Netiket Mailinglist
Adalah wadah komunikasi virtual antar anggota ,
dengan menggunakan sarana e-mail

Netiket mailinglist a.l:
1. Dalam Mengirim Email (Posting)
 Belajar menulis postingan Asli
 Membuat Judul yg mencerminkan isi
 Menghargai privasi orang lain
 Hargai Hak Cipta orang lain
 Tulisan Jangan menyinggung sara
 Email Spam
 Posting berisi virus
 Mencantumkan nama,domisili/alamat


sumber: irmarr.staff.gunadarma.ac.id

Sponsored content



Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik