Tugas Kampus Ku
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Tugas Kampus untuk DosenKu Mr. Muhamad Danuri, M.Kom


You are not connected. Please login or register

Nettiket.....

+14
Iqbal Mohammed
viva suhartiningsih
Nafiezfiz
Aditya Wahyu W
Winda Rachman
fina yan
Virdiani Adriyatna
Herera Verry
keri rahayu mangesti
lukman
Dharma Vharezwan
A.Ghofurs
nofiyanto
admin
18 posters

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1Nettiket..... Empty Nettiket..... Mon Mar 04, 2013 10:53 am

admin

admin
Admin

dikumpu; disini

https://tugasku.forumid.net

2Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Mon Mar 04, 2013 3:57 pm

nofiyanto

nofiyanto

NAMA : nofiyanto
Nim: : 11010857





nettiquette/netiket:


sumber:

3Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Mon Mar 04, 2013 9:45 pm

A.Ghofurs

A.Ghofurs

Nama = Abdul Ghofur
NIM = 12011049
Progdi = Manajemen Informatika

Spoiler:



Terakhir diubah oleh A.Ghofurs tanggal Wed Mar 06, 2013 11:02 am, total 1 kali diubah

4Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Tue Mar 05, 2013 1:01 am

Dharma Vharezwan

Dharma Vharezwan

Nama : Darmawan
NIM : 11010864


study study study Ulasan & Prinsip Netiket study study study


Click Here:



Kesimpulan:


Sumber : http://126d07.blogspot.com/2011/11/etika-berinternet.html



Terakhir diubah oleh Dharmawan tanggal Sun Mar 10, 2013 10:56 am, total 4 kali diubah

5Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Tue Mar 05, 2013 4:26 pm

lukman

lukman

Nama : Lukman Hakim
Nim : 10010845


Spoiler:
sumber:http://light-ichone.blogspot.com/2011/09/pengertian-netiquette.html

6Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Tue Mar 05, 2013 7:25 pm

keri rahayu mangesti

keri rahayu mangesti

Nama : Keri Rahayu Mangesti
NIM : 11020852

Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan orang tatap muka.
Fungsi
Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.
Manfaat
Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak.
Fitur
Fitur dari netiket dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi kelompok, seperti email massal.
Identifikasi
Bila pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat mungkin telah menerima aturan netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari komunitas web untuk mengambil pada netiket diterima.
Pertimbangan
Beberapa pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.

sumber

Dibawah ini ada daftar netiket yang perlu diperhatikan pada saat kita berinteraksi di dunia maya, baik itu di forum, grup-grup facebook, blog, milis dan media komunitas lainnya.


1. Jangan Gunakan Huruf Kapital

Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.


2. Kutip Seperlunya

Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.


3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi

Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.


4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax

Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.


5. Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)

Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.


6. Hindari Personal Attack

Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.


7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)

Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.


8. Dilarang menghina Agama :

Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.

9. Cara bertanya yang baik :
1.) Gunakan bahasa yang sopan.
2.) Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3.) Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4.) Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5.) Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.

sumber

7Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Wed Mar 06, 2013 1:14 pm

Herera Verry

Herera Verry

Tentang Netiquette Very Happy Very Happy Very Happy

Spoiler:

https://www.facebook.com/Hereraverry#!/

8Nettiket..... Empty Prinsip Dan Aturan Netiket Wed Mar 06, 2013 10:10 pm

Virdiani Adriyatna

Virdiani Adriyatna

Nama : Virdiani Adriyatna
Nim : 11010854



Aturan Dan Prinsip Netiquette

Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile Smile



Terdapat beberapa definisi tentang netiquette, yaitu :

a. Etika dalam menggunakan Internet

b. Aturan‐aturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia, sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia maya ini


Aslinya dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum internet lahir, kata netiquette tentu belum ada. Orang mengartikan sebagai berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog. Di dalam internet tidak ada aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai sebagai acuan untuk memperlakukan dan mensikapi arus informasi dan data di dalamnya.



Beberapa aturan yang ada pada Netiquete ini adalah:

1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer, dengan memasang anti virus atau personal firewall

2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga dengan mudah mengupload data pribadi

3. Menghargai pengguna lain di internet, caranya sederhana, yaitu :

a. jangan membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit

c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak‐teriak pada komunitas sesungguhnya.

Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.


Aturan Inti Netiquette :


1. Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e‐mail atau posting adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka. Diharapkan untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi bersikaplah saling membangun.
Jangan pernah mengetik isi pesan dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e‐mail. Dengan menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya sedang berteriak
Jangan pernah mengirim e‐mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak untuk disampaikan ke orang lain.
Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming.

2. Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online.
Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru‐buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu.

3. Ingatlah di mana berada ketika sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, diharapka selalu bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikap kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru‐buru langsung mengirim komentar, tetapi mencoba untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming.

4. Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Posting dikirimkan group yang sesuai. Jika tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan merasa bahwa posting itu harus dikirim, yakinkan bahwa Subject dari posting sesuai dengan isi posting, sehingga orang lain tahu bahwa posting tidak mengganggu topik diskusi saat itu.


Sumber

9Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Thu Mar 07, 2013 1:40 pm

fina yan

fina yan

Nama : Fina Rosiyanti
NIM : 11010863


Penjelasan:

SUMBER

10Nettiket..... Empty Netiket Thu Mar 07, 2013 7:04 pm

Winda Rachman

Winda Rachman

Nama : Winda Rachman
Nim : 11010859


Beberapa Aturan Netiket di dunia maya yang umum:


1.Amankan data pribadimu.
Pasanglah antivirus atau personal firewall. Ingat pada zaman ini yang namanya virus merajarela.

2.Jangan terlalu gampang percaya pada Internet (situs web atau alamat URL) Ingat kasus pemalsuan situs demi mencuri data pribadi korbannya.

3.Hargai sesama pengguna Internet :
•Jangan main copy-paste tulisan orang lain tanpa menyebut sumbernya.
•Jangan berusaha mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet.
•Jangan menggangu privasi orang lain dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
•Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak karena kesannya seperti marah.

4.Pantang kirim spam
Jangan mengirim pesan berulang-ulang, apalagi isinya promosi suatu produk

5.Kutip seperlunya
Ketika kamu mau menanggapi postingan seseorang dalam satu forum, sebaiknya kutiplah inti hal yang ingin ditanggapi dan buanglah bagian yang tidak perlu.

6.Perlakuan terhadap pesan pribadi.
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepadamu secara pribadi (private message), kamu tidak sepatutnya mem-forward atau membalasnya ke forum umum.

7.Hati-hati terhadap Hoax.
Tidak semua berita yang beredar di Internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi kebanyakan netter.

8.Kalau kirim Out Of Topic (OOT).
Ketika kita ingin menyampaikan hal diluar topik (OOT) berilah keterangan supaya subject dari diskusi tidak rancu.

9.Hindari personal attack.
Dalam perdebatan jangan sekali-kali menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk mematikan argumentasinya

10.Kritik dan Saran yang bersifat pribadi harus lewat Personal Message
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya merasa rendah diri, dipojokan, dan dijatuhkan.

11.Dilarang menghina Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).
Ini sudah standar bagi semua komunitas dilarang memojokkan atau menghina SARA.
Itu semua aturan standar. Kamu yang pernah ikutan milis pasti sudah paham walau gak semuanya kamu ikuti. Masalahnya dalam pergaulan di dunia maya, emosi kita kerap terpancing dan kita terlalu antusias menanggapi tulisan orang lain. Kalau sudah “nafsu” begitu, biasanya banyak orang lupa rambu-rambu. Di situs gaul yang jejaringnya lebih luas, gak ada yang khusus bertugas ngingetin. Gak heran kalau situs gaul banyak debat heboh saling menjatuhkan, bahkan kadang saling memaki dan menjelek-jelekkan.
Netiket bisa saja dikumandangkan terus-menerus, tapi pada akhirnya akan tergantung ke pribadi masing-masing. Orang yang memang punya kesadaran bagus buat menjaga perilakunya di dunia maya akan otomatis ngikutin. Atau ada juga jenis orang yang harus kena batunya dulu baru sadar, karena mereka yang berprilaku minus melanggar netiket akan dapat sanksi dari sekitarnya. Ini sudah semacam hukum rimba di dunia maya. Siapa yang kelakuannya aneh dan ngejengkelin cuma akan dijauhi aja, siapa takut??? Hati-hati, masih ada aturan yang lebih jelas dan tegas dan mungkin akan menjadi mimpi buruk bagi kita semua yaitu cyber law…
Selain netiket ada aturan yang lebih jelas dan tegas serta mengikat bahkan menuntut kita untuk bertanggung secara dewasa. Indonesia sudah memiliki yang namanya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Sejak 21 April 2008 lalu, UU ITE No. 11 Tahun 2008 resmi menjadi cyber law-nya Indonesia. Bahkan memasuki tahun ini akan ada revisi atau perbaikan dari UU ITE itu sendiri dari Pemerintah dan beberapa praktisi hukum serta pakar informasi teknologi yang ada, kita tunggu saja UU ITE revisi yang baru. Tapi ingat bukan berarti UU ITE No. 11 Tahun 2008 yang ada saat ini tidak berlaku. UU ITE tetap menjadi cyber law-nya Indonesia menjelang revisi disahkan dan diterbitkan oleh Pemerintah.
Karena di Indonesia sebelum 21 April 2008 yang lalu gak punya cyber law kasus kriminal di dunia maya susah ditindak. Memang sudah ada KUHP, namun ternyata masih kurang ampuh sebab banyak detail di Internet yang gak tercantum di KUHP. Terlebih kejahatan dunia maya itu sifatnya gak mengenal batas negara. Apalagi terjadi kasus yang melibatkan lebih dari satu negara, akan sulit jika salah satunya tidak memiliki cyber law. Itu sebabnya Indonesia juga harus punya cyber law. Sesuai namanya. Cyber crime adalah crime alias perbuatan kriminal yang dilakukan di cyberspace alias dunia maya. Atau dalam pengertian bahasa Indonesia kata Jahat berarti kasus kejahatan seperti yang diatur dalam KUHP.


sumber

11Nettiket..... Empty Tugas Netiket Thu Mar 07, 2013 8:05 pm

Aditya Wahyu W

Aditya Wahyu W

Definisi Netiket:

Aturan Dasar Netiket:

Sumber

12Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Fri Mar 08, 2013 7:06 am

Nafiezfiz

Nafiezfiz

Nama : M Nafiz Abrori
NIM : 11010851


study study Netiquette study study
Pengertian Netiquette:

Sumber



Terakhir diubah oleh Nafiez screamo tanggal Sun Mar 10, 2013 9:29 pm, total 1 kali diubah

13Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Fri Mar 08, 2013 6:34 pm

viva suhartiningsih



NAMA: VIVA SUHARTININGSIH
NIM : 10010891




study study study study study NETTIQUTTE ATAU NETIKET study study study study study



pengertian nettiqutte

Terdapat beberapa definisi tentang netiquette, yaitu :
a. Etika dalam menggunakan Internet
b. Aturan‐aturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia, sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia maya ini

Aslinya dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum internet lahir, kata netiquette tentu belum ada. Orang mengartikan sebagai berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog. Di dalam internet tidak ada aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai sebagai acuan untuk memperlakukan dan mensikapi arus informasi dan data di dalamnya.

Sebagai mahluk sosial pelaku internet memiliki kode etik universal sebagai acuan dalam menjaga perilaku dan kehormatan dalam pergaulan komunitas dunia maya. Setiap lingkungan punya nilai etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, tiap orang dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang disepakati. Karena itu siapapun bebas untuk mematuhi peraturan yang sesuai dengan dirinya dan yang tidak menyetujui bebas memilih untuk tetap berada di sana sebagai minoritas atau keluar dari lingkungan tersebut.

Dalam kasus tertentu pelanggaran etika dapat diajukan ke pengadilan melalui mekanisme hukum positif yang berlaku pada diri seseorang (warga negara) maupun lembaga/organisasi. Yang paling sering terjadi tuntutan hokum adalah menyangkut soal pelanggaran Hak Cipta, Hak Privacy dan serangan illegal (Spamming, Pirating, Cracking dan sejenisnya) terhadap suatu produk, perseorangan maupun institusi yang dilindungi hukum positif secara internasional.

Secara umum siapapun yang merasa menjadi bagian dari suatu komunitas di internet wajib untuk mematuhi kode etik yang berlaku di lingkungan tersebut. Sebenarnya netiquette adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan‐aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.


Beberapa aturan yang ada pada Netiquete ini adalah:

1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer, dengan memasang anti virus atau personal firewall

2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga dengan mudah mengupload data pribadi

3. Menghargai pengguna lain di internet, caranya sederhana, yaitu :
a. jangan membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak‐teriak pada komunitas sesungguhnya.

Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.
Aturan Inti Netiquette :

1. Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e‐mail atau posting adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka. Diharapkan untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapibersikaplah saling membangun. Jangan pernah mengetik isi pesan dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e‐mail. Dengan menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya sedang berteriak . Jangan pernah mengirim e‐mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak untuk disampaikan ke orang lain. Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal negative mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming.

2. Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online.
Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru‐buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu.

3. Ingatlah di mana berada ketika sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, diharapka selalu bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikap kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika berada di suatu wilayah topic pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru‐buru langsung mengirim komentar, tetapi mencoba untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming.

4. Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online
Posting dikirimkan group yang sesuai. Jika tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan merasa bahwa posting itu harus dikirim, yakinkan bahwa Subject dari posting sesuai dengan isi posting, sehingga orang lain tahu bahwa posting tidak mengganggu topik diskusi saat itu.


Fungsi

Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.

Kesimpulan

Beberapa pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.
sumber

14Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Fri Mar 08, 2013 7:07 pm

Iqbal Mohammed

Iqbal Mohammed

NAMA : Muhammad Muaffan Iqbalulwahid

NIM : 11010853




NETIKET:


Sumber

15Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Sat Mar 09, 2013 9:22 am

gito

gito

NAMA : SUGITO
NIM : 11010855


12 Tips Netiket (Nettiquette)

Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya, di bawah ini khusus untuk berkomunikasi dalam sebuah forum/milis:

1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.

2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwidth server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.

3. Perlakuan terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.

4. Hati-hati terhadap Informasi/ Berita Hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.

5. Ketika ‘Harus’ Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)
Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.

6. Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.

7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.

8. Dilarang Menghina :
- Agama
- Ras
- Gender
- Status sosial
- dsb yang berpotensi menimbulkan debat kusir yang mengarah ke situasi yang emosional.

9. Cara Bertanya yang Baik :
- Gunakan bahasa yang sopan.
- Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
- Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
- Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
- Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.

10. Gunakan Nama Asli
Untuk menunjukkan keseriusan, kejujuran dan itikad baik, gunakan nama asli sebagai display name (from), minimal nama depan. sedangkan email account bebas. Nama samaran secara umum tidak diperkenankan karena akan dianggap surat kaleng.

11. One Liner
Tidak mengirimkan email yg dikategorikan sebagai One-Liner (tidak lebih dari satu baris) seperti : “saya juga”, “turut berduka”, “tolong saya dikirimkan juga” dan tidak berisi bahasan sama sekali.

12. Mengganti subject email bila membahas masalah diluar subject sebelumnya
Contoh : The Secret was Re: tangandiatas Mohon Bantuan. http://sandalnamaku.wordpress.com:


http://supermilan.wordpress.com/2009/12/05/netiket-alias-nettiquette/

16Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Sat Mar 09, 2013 12:07 pm

M.Hardian

M.Hardian

Muhammad Hardian Putranto
11010862

Netiquette dan Contoh Kasusnya


Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.

Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.


Contoh kasus netiquette
ada seseorang yg membuat thread di www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik yaitu handphone lalu di thread yg di postkan oleh orang td itu ada orang yg mengomentari threadnya dengan cara memaki maki mengeluarkan kata kata yg sangat kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut . lalu comment itu pun langsng di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebut.



Source

Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep

17Nettiket..... Empty Re: Nettiket..... Sat Mar 09, 2013 2:15 pm

EmorCS

EmorCS

Nama: Rome Citra Sejati
NIM: 11010856



Apa Sihh NETIKET???:

Aturan Netiket:


Sumber:
-Pengertian Netiket
-Aturan Umum Netiket

http://romecs.comze.com

18Nettiket..... Empty netiquette Sun Mar 10, 2013 10:29 pm

DwiFitria

DwiFitria

NIM : 11020851
Nama: Dwi Fitria Ningsih

Pengertian NETIKET

"Netiquette" (Netiket) atau dengan kata lain adalah etiket dalam menggunakan internet.
Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai penggunanya, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet ini.
Sebenarnya Netiquette ini adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Netiket yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Netiquette(short for “networketiquette” or “Internet etiquette”), merupakan tata cara etika dalam berinteraksi sosial didunia maya.
Jika ada yang beranggapan bahwa didunia maya ini bisa berekspresi sebebas-bebasnya maka itu adalah anggapan yang salah besar. Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada undang-undang ITE yang mengatur prilaku para netter Indonesia.
Dengan semakin mudahnya memperoleh akses internet, dan semakin menjamurnya media sosial seperti facebook, forum, dan blog, maka semakin banyak pula bermunculan komunitas-komunitas dunia maya, baik itu terkumpul di grup-grup facebook, atau pun di forum-forum diskusi. Tapi masih sedikit yang tahu tentang netiket dalam berinteraksi.

Dibawah ini ada daftar netiket yang perlu diperhatikan pada saat kita berinteraksi di dunia maya, baik itu di forum, grup-grup facebook, blog, milis dan media komunitas lainnya.
Netiket:

• Jangan Menggunakan Huruf Kapital Semua
Huruf kapital atau huruf besar semua didunia maya dianggap sebagai ungkapan emosi penulis yang sedang marah, atau berteriak.Tapi penggunanaan huruf kapital tentu saja tidak dilarang, ada pada saat tertentu huruf kapital digunakan untuk melakukan penekanan KATA pada bagian tertentu.
Yang perlu dihindari adalah menggunakan SEMUA atau sebagian besar kalimat paragraf menggunakan huruf besar, karena kita akan dianggap BERTERIAK.
• Jangan menggunakan Tanda Seru ! secara berlebihan
Sama seperti huruf kapital, tanda seru juga dianalogikan emosi, atau berteriak.
Juga jika dianalogikan nada memerintah, merupakan sesuatu yang tidak patut dilakukan pada komunitas.
• Kutip Seperlunya
Yang ini sering ditemui diforum-forum juga di milis atau email, ada orang yang mengutip keseluruhan postingan atau komentar orang yang panjang, kemudian menambahkan SATU BARIS postingannya atau komentarnya.Hal-hal seperti ini sebaiknya dihindari, efeknya selain orang merasa tertipu (disangka bakal dapat pencerahan) ternyata cuma dapat satu baris saja penambahan.. misal: hehehe… atau ane setuju gan.. :toe:
Cukup kutip seperlunya saja.
• PM atau INBOX
Jika ada orang yang mengirim pesan pribadi kepada kita, baik itu melalui inbox ataupun fasilitas PM, jangan sekali-kali diumbar di forum terbuka.Sebab tujuan PM atau INBOX itu bersifat privacy atau priveledge itu hanya komunikasi dua arah.
• Berhati-hatilah dalam memberi informasi
Tidak semua informasi yang beredar di internet adalah benar, sebagian tergolong kedalam kategori berita bohong atau HOAX atau SPAM.Maka, sebelum kita mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin kita kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka kita dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar kitapun akan hilang.
• Diluar TOPIK
Jika kita berbicara diluar topik yang sedang didiskusikan, berikan tanda bahwa komen atau posting kita itu out of topic (OOT), supaya alur diskusi tidak menjadi rancu.
• Hindari Personal Attack
Ketika kita tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali kita menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya.Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan kita.
Lawan argumentasi hanya dengan data dan fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang kita benci.
Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir (meski saya secara pribadi belum pernah lihat kusir berdebat, tapi begitulah yang sering dibilang orang) :haha:
• Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message) atau INBOX
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri.Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif.
Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Kita boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.
• Dilarang SARA
Maksudnya dilarang menghina Suku, Agama, dan Ras tertentu.
• Attachment Email
Jangan mengirim attahment email yang berukuran besar KECUALI diminta.File yang besar akan mengakibatkan quota email orang yang kita tuju akan cepat habis, juga mengganggu bandwith server ataupun koneksi terlebih lagi jika kita menggunakan koneksi secara bersama-sama.
• Sumber Tulisan
Jika kita “mengutip atau copy paste” suatu tulisan, jangan sekali-sekali kita mengakuinya sebagai tulisan asli dari kita.
Berikan link aslinya ataupun jika tidak ingat link aslinya berikan nama pengarang aslinya.Ini akan memberikan kita posisi yang lebih kredibel dimata komunitas.
• Bertanya
Jika kita bertanya baik itu diforum, grup, blog, milis dan lainnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Menggunakan Bahasa yang Sopan.
Perlu diingat, ketika kita bertanya ke forum, grup ataupun milis, mereka yang akan menjawab itu tidak dibayar.Motivasi mereka menajawab itu bisa sukarela, sharing pengetahuan, nyari amal, atau sekedar iseng mengisi waktu luang disela kesibukan mereka didunia nyata.
2. Jangan beranggapan kalau kita bertanya kita berhak segera mendapat jawaban, atau jawaban.
Alasannya? Sama seperti yang no 1 tadi.
3. Jika bertanya, jelaskan secara detil permasalahan yang sedang dihadapi.
Netter bukan dukun, paranormal atau cenayang yang katanya ngaku bisa tau isi hati maksud orang lain walau tanpa dijelaskan.Pertanyaan kita yang detail lebih punya peluang untuk segera dijawab oleh komunitas atau tempat kita bertanya, sebab jika pertanyaannya terlalu umum biasanya orang malas untuk menjawabnya, paling banter disuruh “googling” alias nanya mbah google.
4. Pertanyaan harus informatif, tidak asal panjang lebar, apalagi kalau tidak sesuai judul dan isi pertanyaan, biasanya langsung di abaikan oleh mereka yang kompeten menjawabnya.
5. Tulisan pertanyaan sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dibaca dan dimengerti. J1qa bertaX men99un4k4n tlsn 4lay a/ mod3l tlsn sms, jgn h4rap aq4n sgr dij4wb
• Intinya etika dalam dunia maya tidak jauh berbeda dengan etika di dunia nyata.


Beberapa hal penting dalam konsep Nettiquete ini antara lain:

Yakinkan bahwa piranti yang digunakan untuk ber-internet telah aman (bisa dengan memasang anti virus atau personal firewall),
Jangan terlalu percaya dengan internet, sehingga dengan leluasa mengunggah data pribadi, harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang dituju telah terjamin keamanan dan privasinya,
dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet,

hal sederhana yang bisa dilakukan:

jangan membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat, mengambil materi (ide, kalimat, tips, trik, aplikasi, software) dan mengcopy paste hasil karya dan/atau kreasi orang lain tanpa menyertakan sumbernya,
jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian nomor kartu kredit,
jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas,
jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya,
jangan "flamming" (memanas-manasi), "trolling" (keluar dari topik pembicaraan) ataupun "junking" (mengirim post yang tidak berguna) saat berforum.




Sumber:

http://sacred-x.heck.in/netiquette-etika-ber-internet.xhtml

http://suryawardana.com/internet/netiket/

http://uiqaelahh.blogspot.com/

Sponsored content



Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Similar topics

-

» Tugas II Nettiket
» Tugas Nettiket

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik