NAMA : SIWI SURYAWATI
NIM : 15021219
DKA 4.3
LAMBANG PROFESIONAL
PENDAHULUAN
Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.
Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.
Karena fungsi dasarnya sebagai identitas, logo haruslah unik dan mudah diingat. Selain itu, logo juga harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo.
A. LAMBANG PROFESIONAL PADA PRODUCT
ARTI LOGO INDOFOOD
Arti logo Indofood kekuatan logo perusahaan makanan kemasan ini terkenal di seluruh Indonesia .ketika sebuah logo dimunculkan maka hampir semua orang mampu menyebutkan produk-produk makanan kemasan yang dihasilkan Indofood. Makna logo perusahaan Indofood yang hebat ini. Selain sebagai pengingat untuk staf karyawan untuk selalu membuat produk makanan kemasan Indofood.
VISI, MISI. DAN NILAI
Visi
Perusahaan Total Food Solutions
Misi
Memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan
Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami
Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
Meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan
Nilai
“Dengan disiplin sebagai falsafah hidup; Kami menjalankan usaha kami dengan menjunjung tinggi integritas; Kami menghargai seluruh pemangku kepentingan dan secara bersama-sama membangun kesatuan untuk mencapai keunggulan dan inovasi yang berkelanjutan.
B. LAMBANG PROFESIONAL PADA PROFESI
ARTI LOGO FEDEX
Terdapat ruang kosong diantara kedua huruf E dan x. Ruang kosong tersebut bila diamati berbentuk seperti tanda panah yang mengarah ke kenan. Hal itu dapat berarti layanan FedEx memiliki makna tersebunyi tentang kecepatan, keakuratan, dan kemampuan untuk menyongsong masa depan. Maka dari itu sebuah perusahaan yang ingin membuat logo harus memperhatikan makna, kesan, arti logo untuk kedepannya agar dapat menjadi filosofi bagi perusahaan tersebut.
VISI DAN MISI
- menciptakan e-business dan operasi logistik dimana para costumernya dapat melakukan pengiriman dan pengecekan barang dan lain sebagainya dalam satu waktu.
- menyediakan market business to business.
- bekerjasama dengan perusahan lokal dan international yang menyediakan layanan transportasi pada berbagai bisnis.
- memperluas pasar nasional dan international dalam mencari keuntungan dari pasar baru dan untuk mendapatkan sumber daya yang murah.
- menghasilkan pendapatan finansial yang tinggi untuk pemegang saham dengan menyediakan rantai suplai,transportasi, bisnis, dan jasa informasi yang berhubungan dengan nilai tambah yang tinggi melalui perusahaan yang beroperasi secara terfokus.
C. LAMBANG PROFESIONAL PADA INSTANSI
Logo Pertamina
ARTI LOGO PERTAMINA
Elemen logo membentuk huruf “P” yang secara keseluruhan merupakan representasi bentuk panah menggambarkan Pertamina yang bergerak maju dan progresif
warna-warna mencolok
menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis
warna merah
mencerminkan Keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam meghadapi berbagai macam kesulitan.
warna hijau
mencerminkan sumber daya energy yang berwawasan lingkungan
warna biru
mencerminkan andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab
VISI DAN MISI
Visi: Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia. Misi: Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
KESIMPULAN
Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.
DAFTAR PUSTAKA
http://artilambang.blogspot.co.id/2014/02/arti-logo-pertamina.html
http://www.pertamina.com/company-profile/visi-dan-misi/
http://bursadesain.com/filosofi-logo-fedex/
sosiologibisnis.blogspot.co.id/2015/09/pt-indofood.html