Standarisasi ISO...
Kumpul disini......
Kumpul disini......
ISO 9001 atau ISO 9002
Apakah saya perlu mendaftarkan diri?
Dari Mana Saya Mulai?
Apa Berikutnya?
Berapa Biayanya?Bagaimana Anda mengukur Kesuksesan? Kualitas adalah sebuah tongkat pengukur yang bisa sama-sama dipilih oleh semua bisnis dan nasabah. Entah sebuah perusahaan menyebutnya sebagai Total Quality Management (TQM), Total Quality Control (TQC), atau dengan nama yang lain, maka semua program seperti itu bertujuan menyempurnakan proses operasional, produk dan jasa. Namun kualitas bisa menjadi pendapat yang sangat subyektif. Ide Anda mengenai apa saja yang merupakan layanan berkualitas, misalnya, bisa sangat berbeda dari ide karyawan yang melayani Anda di toko bahan makanan. Dan toko bahan makanan di Boston mungkin memiliki standar kualitas yang berbeda dengan toko bahan makanan di Los Angeles atau di London.
Disanalah ISO 9000 cocok. Istilah ini mengacu pada serangkaian standar universal yang mengartikan sistem “Jaminan Kualitas” yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan diadopsi oleh 90 negara di seluruh dunia. ISO terdiri dari perwakilan standar nasional dari 100 negara lebih. Tujuannya adalah untuk mempromosikan pertukaran barang dan jasa internasional di seluruh dunia, dan untuk mendorong kerjasama sedunia dalam bidang cendekiawan, ilmiah, teknologi, dan ekonomi.
Untuk bisa melakukan pendaftaran ISO 9000, sebuah perusahaan wajib memenuhi sejumlah standar jaminan kualitas tertentu dalam operasinya, yang dinyatakan oleh agen pendaftaran pihak ketiga. Sistem jaminan kualitas, bukan produk atau jasa itu sendiri yang memperoleh pendaftaran. Pendaftaran ISO 9000 menyatakan kepada nasabah: Perusahaan ini telah siap dengan sebuah sistem yang menjamin bahwa setiap produk atau jasa yang dijualnya secara konsisten memenuhi standar kualitas internasional.
Perusahaan yang sudah menerima status ISO 9000 seringkali memperoleh manfaat dari penurunan keluhan nasabah, penurunan biaya operasional, dan peningkatan permintaan untuk produk atau jasa mereka. Sekalipun industri manufaktur yang pertama kali memimpin minat atas jaminan kualitas, standar ISO 9001 tidak mengecualikan industri atau sektor ekonomi tertentu. Keputusan Anda tentang perlu tidaknya berusaha memenuhi akan lebih banyak bergantung kepada apa saja yang diharapkan oleh nasabah Anda dan dibutuhkan oleh pasar. Beberapa perusahaan, misalnya, tidak membeli suku cadang dan produk dari pabrik yang tidak terdaftar ISO 9000.
ISO 9001, atau ISO 9002?Kedua standar ini hampir serupa; namun demikian, ISO 9001 berlaku untuk perusahaan yang terlibat dalam rancangan produk atau jasa, dan juga produksi dan pemasangan atau pelaksanaan mereka. ISO 9002 mengecualikan unsur rancangan dari model serupa untuk jaminan kualitas.
Penunjukan nama-nama lain untuk standar jaminan kualitas termasuk seri QS 9000 untuk pabrik pembuat suku cadang industri otomotif, dan standar ISO 14000 untuk perusahaan yang terlibat dalam spesifikasi sistem manajemen lingkungan.
APAKAH SAYA PERLU MENDAFTARKAN DIRI?Pendaftaran ISO 9000 akan sangat penting bagi Kesuksesan perusahaan Anda jika:
nasabah penting – atau calon nasabah – menghendakinya dari semua pemasok mereka, atau mulai mencari tahu apakah Anda sudah terdaftar
industri Anda sangat membutuhkan pendaftaran ISO 9000
pesaing Anda sedang berusaha mendaftarkan diri
Anda berencana melakukan bisnis di Eropa
perusahaan Anda dapat mengambil manfaat dengan pengadaan sebuah sistem kualitas resmi untuk meningkatkan kualitas, mengurangi kesalahan, pengembalian barang dan keluhan nasabah.
Banyak perusahaan telah menemukan bahwa dengan hanya berusaha memenuhi standar ISO 9000 telah menghasilkan ganjarannya sendiri, bahkan sebelum memperoleh pendaftaran, hanya dengan menyempurnakan proses kualitas mereka.
DARI MANA SAYA MULAI?Upaya yang dibutuhkan untuk memenuhi standar ISO 9000 akan bergantung kepada keberadaan dan kematangan sistem kualitas Anda. Untungnya, banyak sekali sumber daya pelatihan bersedia membantu perusahaan memperoleh pendaftaran ISO 9000. Periksalah dengan perguruan tinggi setempat, universitas, pusat bantuan manufaktur wilayah, pusat pengembangan bisnis kecil, pusat inkubasi bisnis, atau asosiasi industri untuk mencari keterangan mengenai pelatihan, usulan konsultan, dan mengatur penilaian pra-pendaftaran.
Ada beberapa penerbitan bebas biaya tentang pendaftaran ISO 9000 yang disediakan oleh International Organization for Standardization (ISO). Brosur ISO, "Compatible technology worldwide," menjawab pertanyaan-pertanyaan umum mengenai ISO 9000, sedangkan Perpustakaan Forum ISO 9000 memiliki daftar penerbitan tentang manajemen kualitas, standar jaminan kualitas, dan segala persoalan yang terkait.
Hubungi ISO pada:
1, rue de Varembe
Case postale 56 CH-1211
Geneve 20 Switzerland
Tel: +41-22-749-01-11
faks +41-22-733-34-30Sejumlah paket perangkat lunak komputer telah diciptakan oleh beberapa perusahaan untuk membimbing pendaftar langsung melalui penciptaan, dokumentasi, dan pendaftaran sistem kualitas Anda. Beberapa perusahaan menawarkan salinan peragaan bebas biaya. Ada terlalu banyak produk untuk dimuat disini. Kami anjurkan Anda mencari di Internet untuk "ISO 9000 software" sebagai titik pangkal.BERIKUTNYA APA?Anda barangkali bertanya-tanya ISO 9000 itu melibatkan apa saja. Dalam arti luas, ISO 9000 mewajibkan perusahaan Anda untuk merancang dan melaksanakan sebuah sistem kualitas yang memenuhi standar ISO (ISO 9001, ISO 9002, QS 9000, ISO 14000). Anda akan diminta untuk:
Menulis pedoman berkualitas untuk menguraikan sistem kualitas Anda
Mendokumentasikan bagaimana pekerjaan dalam organisasi Anda dilaksanakan
Merancang dan melaksanakan sebuah sistem untuk mencegah pengulangan masalah
Mengenali kebutuhan pelatihan karyawan
Menyesuaikan ukuran dan perlengkapan uji coba
Melatih karyawan bagaimana sistem jaminan kualitas beroperasi
Merencanakan dan menyelenggarakan pemeriksaan kualitas intern, atau audit
Memenuhi segala persyaratan lain dari Standar jika dibutuhkan
Sertifikat yang menyatakan bahwa perusahaan Anda telah memenuhi standar ISO 9000 hanya dapat diterbitkan oleh sebuah agen pendaftaran pihak ketiga yang telah terakreditasi. Anda harus memilih pendaftar Anda di awal proses, dan mencari tahu secara terperinci apa saja yang mereka persyaratkan sebelum mereka mengizinkan pendaftaran. Biasanya, pendaftar akan menyelenggarakan “audit pra-penilaian” untuk mengenali segala bidang yang belum dipenuhi sehingga Anda dapat memperbaiki semua bidang itu sebelum “audit pendaftaran”.
Sertifikat pendaftaran ISO 9000 berlaku selama tiga tahun, dan agen pendaftaran bisa melakukan audit dengan interval 6 bulan untuk memastikan bahwa perusahaan tetap mematuhi standar.
BERAPA BIAYANYA?Pusat pengembangan bisnis kecil bisa menawarkan kelas kelompok sertifikasi ISO 9000 dengan skala menurun, berdasarkan ukuran perusahaan Anda (jumlah karyawan) dan jumlah peserta kelas. Pusat bantuan manufaktur wilayah memperoleh subsidi sebagian dari dana federal dan bisa menawarkan audit pra-penilaian dan jasa konsultasi ISO 9000 dengan skala menurun.
Biaya untuk menyelenggarakan audit pendaftaran akhir ditetapkan oleh agen pendaftaran bersangkutan, dan biasanya berbeda-beda menurut ukuran perusahaan. Untuk memperoleh keterangan yang akurat, hubungi sumber atau pendaftar pelatihan Anda secara langsung.
SUMBER :: http://indonesia.smetoolkit.org/indonesia/en/content/id/467/Kualitas-Standar-Keunggulan-Internasional-ISO-9000-
Terakhir diubah oleh Nazyihun tanggal Fri May 25, 2012 2:07 pm, total 1 kali diubah
Kesimpulan
1. Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi adalah merupakan suatu badan penjamin mutu pendidikan (terutama pendidikan tinggi) di Indonesia, yang melakukan akreditasi terhadap institusi pendidikan tinggi baik itu negeri maupun swasta, sehingga semua pendidikan tinggi tersebut memiliki mutu dan kualitas yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional.
Mutu dan kualitas yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tersebut merupakan suatu standar nasional yang gunanya menyeragamkan mutu dan kualitas semua insitusi pendidikan tinggi diseluruh Indonesia berdasarkan keadaan dan keberagaman bangsa Indonesia, sehingga jelaslah bahwa BAN PT merupakan suatu tolak ukur mutu pendidikan secara nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat nasional.
Kenyataannya mutu pendidikan Indonesia sampai sekarang ini belumlah mampu untuk bersaing atau bahkan menang dalam menghadapi persaingan global dalam dunia pendidikan. Salah satu hal mendasar yang dapat kita temukan dalam dunia pendidikan kita yang menunjukkan bahwa mutu pendidikan kita kurang dapat bersaing dengan pasar internasional adalah dengan maraknya muncul sekolah ataupun perguruan tinggi dan tenaga pengajar dari dunia internasional yang masuk dan menyelenggarakan pendidikannya di Negara kita. Untuk menghadapi permasalahan itu Departemen Pendidikan Nasional melalui Badan Akreditasi (BAN) Perguruan Tinggi telah menetapkan visi, misi, sasaran dan tujuan sampai tahun 2011 bahwa dengan berawal dari terakreditasinya seluruh pendidikan tinggi di Indonesia menurut standar BAN PT yang dilakukan dengan perbaikan terus-menerus secara komprehensip maka pada tahun 2011 diharapkan mutu dan kualitas pendidikan kita sesuai dengan standar ISO 9000.
2. Walaupun telah ada BAN Perguruan Tinggi dan Akreditasi Sekolah, untuk bisa bersaing dan memenangkan persaingan global internasional dalam dunia pendidikan maka sangatlah perlu institusi/lembaga pendidikan dinegara kita mempunyai mutu dan kualitas yang sesuai dengan standar ISO 9000 dan mendapatkan sertifikat ISO 9000 tersebut.
Saran
Agar mutu dan kualitas pendidikan kita dapat bersaing dalam menghadapi globalisasi dunia pendidikan internasional maka BAN PT dalam melakukan penjaminan mutu pendidikan yang berkaitan dengan kurikulum, mutu dan jumlah tenaga kependidikan, keadaan mahasiswa, pelaksanaan pendidikan, sarana dan prasarana, tatalaksana administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan kerumah-tanggaan perguruan tinggi haruslah disesuaikan dengan kriteria persyaratan sertifikasi standar ISO 9000.
Terakhir diubah oleh DIAR SISWI ANGGRAENI tanggal Sat May 26, 2012 9:09 pm, total 2 kali diubah
Terakhir diubah oleh AINUL YAQIN tanggal Wed Jun 06, 2012 7:24 pm, total 3 kali diubah
Tugas Kampus Ku » Kuliah Semester Genap 2011/2012 » Etika Bisnis dan Profesi nON rEG [14.30] » Standarisasi ISO
Similar topics
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik