Tugas Kampus Ku
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Tugas Kampus untuk DosenKu Mr. Muhamad Danuri, M.Kom


You are not connected. Please login or register

Standarisasi ISO

+10
Budiyanto
must_edy
AINUL YAQIN
ani hidayah
Danu Budi NUgroho
DIAR SISWI ANGGRAENI
Ahmad Rubiyantoo
kartika rukmi
Nazyihun
admin
14 posters

Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1Standarisasi ISO Empty Standarisasi ISO Sun May 20, 2012 5:20 pm

admin

admin
Admin

Standarisasi ISO...
Kumpul disini......

https://tugasku.forumid.net

2Standarisasi ISO Empty Standar ISO Sun May 20, 2012 7:57 pm

Nazyihun

Nazyihun

bounce Muhammad Nasyihun Amin NIM : 10010874 bounce

Kualitas & Standar
Keunggulan Internasional ISO 9000


Content provided by the U.S. Small Business Administration, Online Women's Business Center. SBA's programs and services are provided to the public on a non-discriminatory basis.


affraid KLIK DISINI affraid :



Terakhir diubah oleh Nazyihun tanggal Fri May 25, 2012 2:07 pm, total 1 kali diubah

http://www.nazyihun-adhitya.blogspot.com

3Standarisasi ISO Empty Re: Standarisasi ISO Mon May 21, 2012 9:55 am

kartika rukmi

kartika rukmi

IMPLEMENTASI ISO 9001:2008 DI SEKOLAH

KLIK DISINI:

4Standarisasi ISO Empty Re: Standarisasi ISO Mon May 21, 2012 8:14 pm

Ahmad Rubiyantoo



AHMAD RUBIYANTO
10010848

What a Face ISO 9001:2000 Sebagai Standar Kualitas yang Baik What a Face
cherry 06 Oktober, 2009
cherry

Kita sering melihat tulisan "bersertifikasi ISO 9001:2000" pada label produk-produk yang kita beli. Sebenarnya standar seperti apakah ISO 9001:2000 itu dan mengapa banyak perusahaan terkemuka di Indonesia telah mengimplementasi ISO 9001:2000? Mari kita telusuri bersama.
Standar sistem mutu pertama kali digunakan oleh USA yang berlaku pada pemasok barang militer. Tetapi setelah diterbitkan, standar mutu ini banyak menarik perhatian dunia, sebab merupakan satu-satunya standar mutu yang ada, terutama Inggris. Pasar internasional Inggris pada saat itu harus menjaga konsistensi mutu produknya di pasar internasional sehingga mengadopsi standar mutu tersebut. Belajar dari pengalaman Inggris ini maka para anggota ISO (International Organization for Standarization) yang bermarkas di Geneva, Swiss, pada tahun 1987 menyetujui suatu standar sistem mutu yang sekarang disebut sebagai standar ISO seri 9000, sebagai standar internasional bidang sistem mutu.
Banyak pihak dunia tertarik akan ISO pada saat itu sebab ISO memungkinkan untuk melakukan penilaian terhadap suatu konsistensi mutu produk. ISO sendiri merupakan sebuah standar internasional untuk sistem manajemen kualitas dengan tujuan suatu instansi dapat memberikan produk atau jasa sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Tetapi perlu diingat bahwa ISO bukanlah merupakan standar suatu produk, sebab ISO sendiri tidak menyatakan persyaratan-persyaratan seperti apakah yang harus dipenuhi oleh suatu produk.
ISO 9001:2000 menyatakan bahwa konsistensi mutu suatu produk bergantung pada keseluruhan struktur organisasi, terutama manajemen mutu. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh bila suatu perusahaan mengimplementasi ISO 9001:2000, selain karena produknya terjamin mutunya oleh pelanggan, kontrol terhadap mutu produknya pun dilakukan secara menyeluruh sehingga mutunya konsisten. Ini berarti peningkatan pendapatan instansi dan peningkatan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Satu hal yang perlu diingat, instansi yang berhak mencantumkan label bertuliskan "bersertifikasi ISO 9001:2000" hanyalah instansi yang benar-benar telah melakukan audit dan implementasi dengan ISO 9001:2000 berstandar internasional; bila tidak, instansi tersebut akan dituntut oleh lembaga ISO. Audit yang dilakukan secara konsisten sehingga instansi tidak perlu khawatir akan penurunan mutu atau inkonsisten mutu produk atau jasanya. Selain itu, karena standar ini internasional, suatu instansi yang telah mengimplementasinya akan diakui dunia sebagai produk atau jasa yang bermutu dan terpercaya.





http://www.kulinet.com/baca/iso-90012000-sebagai-standar-kualitas-yang-baik/889/

5Standarisasi ISO Empty DIAR SISWI A. / 10010858 Tue May 22, 2012 4:50 pm

DIAR SISWI ANGGRAENI

DIAR SISWI ANGGRAENI

Smile bounce ISO 9000 MERUPAKAN MODEL STANDARISASI KUALITAS DI DUNIA PENDIDIKAN Smile bounce


kLik Di Sini:



Terakhir diubah oleh DIAR SISWI ANGGRAENI tanggal Sat May 26, 2012 9:09 pm, total 2 kali diubah

6Standarisasi ISO Empty Standarisasi ISO Wed May 23, 2012 8:48 am

Danu Budi NUgroho

Danu Budi NUgroho

DANU BUDI NUGROHO
NIM 10010854


STANDAR SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO-9001-PENGETAHUAN DASAR



Standar sistem manajemen mutu SO-9001 adalah standar internasional tentang sistem manajemen manajemen mutu. ISO-9001 dikeluarkan oleh International Organization for Standardization, sebuah badan yang telah mengeluarkan lebih dari 17000 standar yang berguna. ISO-9001 pertama dikeluarkan pada tahun 1987. Versi yang terbaru adalah ISO-9001:2008. Standar sistem manajemen mutu ISO-9001 bertujuan untuk menjamin konsistensi organisasi dalam menghasilkan produk yang bermutu yang dapat memuaskan pelanggannya. Untuk tujuan tersebut, ISO-9001 berisi persyaratan-persyaratan bagaimana organisasi harus mengendalikan berbagai proses yang dapat mempengaruhi mutu, baik langsung maupun maupun tidak langsung. Persyaratan tersebut pada dasarnya adalah saduran dari praktek-praktes bisnis yang sudah diakui oleh dunia industri efektif dalam upaya penjaminan mutu.

Standar sistem maanjemen mutu ISO-9001 bersifat 'generic'. Persyaratan-persyaratan yang ada didalamnya dapat diaplikasikan oleh berbagai jenis organisasi, besar atau kecil, manufaktur atau jasa, swasta maupun badan pemerintah. Setiap organisasi dapat memilih pendekatan dan cara yang paling sesuai bagi organisasinya dalam menerapkan persyaratat-persyaratan tersebut, sepanjang maksud dan tujuan dari persyaratan dapat tercapai.

Manfaat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu ISO-9001


.Memperluas dan mempertahankan pasar

Makin banyak industri menengah dan besar di Indonesia yang menjadikan ISO-9001 sebagai salah satu faktor yang menentukan dalam pemilihan pemasok mereka. Alasan yang mendasarinya adalah jelas: Bahwa pemasok atau calon yang sudah menerapkan sistem manajemen mutu ISO-9001 berarti sudah melakukan berbagai pengaturan proses yang diperlukan untuk menjamin mutu produk yang akan dikirim kepada mereka.

Manfaat lain tentunya timbul sebagai implikasi logis dari penerapan-persyaratan yang terkandung dalam ISO-9001 dengan cara yang tepat:

.Mengurangi biaya yang tidak diperlukan karena kegagalan produk

ISO-9001 mensyaratkan agar organisasi melakukan perencanaan yang layak sebelum organisasi melakukan proses produksi atau memberikan pelayanan. Ada cukup banyak persyaratan tentang perencanaan yang memungkinkan organisasi dapat mengidentifikasi potensi kegagalan sejak awal dan mencegah kegagalan sebelum terjadi dan dengan demikian mencegah kerugian yang tidak diperlukan.

.Memudahkan pengendalian berbagai aktifitas.

ISO-9001 mensyaratkan agar organisasi melakukan pendekatan proses dalam upaya menjamin mutu produk. Dengan pendekatan ini organisasi dapat melihat dengan mudah seluruh aktifitas yang dilakukan dalam organisasi sebagai rangkaian dari proses-proses yang saling terkait dan saling mempengaruhi. Organisasi dapat mengetahui dengan jelas output yang dihasilkan dari setiap proses, kemana output tersebut dialirkan dan apa yang diharapkan oleh penerima output tersebut. Ini menjadi dasar yang berguna untuk mengatur bagaimana sebuah proses harus dilakukan dan bagaimana mengukur keberhasilan suatu proses.

.Meningkatkan kemampuan untuk peningkatan kinerja secara berkelanjutan

ISO-9001 mensyaratkan agar organisasi melakukan tindakan koreksi yang sistematis, dimulai dari identifikasi masalah sampai pemantauan efektifitas tindakan koreksi. Tujuannya untuk menghilangkan akar penyebab setiap masalah tidak muncul kembali. Hal ini tentu akan membuat terus menerus berkembang ke arah yang lebih baik, bersih dari masalah-masalah kronis yang merugikan.

ISO-9001 juga memberikan persyaratan lain yang memungkinkan terjadinya peningkatan kinerja secara berkelanjutan seperti penetapan sasaran mutu, analisa data (termasuk tingkat kepuasan pelanggan) dan audit internal.

Persyaratan-persyaratan lain dalam standar sistem manajemen mutu ISO-9001 juga membawa manfaat masing masing. Persyaratan tentang tinajaun manajemen akan membuat pihak majemen mendapatkan informasi terbaru dengan mudah tentang kinerja organisasi secara keseluruhan. Persyaratan tentang dokumentasi akan membuat organisasi dapat mengendalikan dokumen-dokumen dengan lebih rapih dan membuat pengaturan pengaturan yang baku (bukan berarti tidak fleksibel). Persyaratan tentang kompetensi dan pelatihan akan membuat organisasi mempunyai sumber daya manusia yang handal yang dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi.

Penerapan Standar Sistem Manajemen Mutu ISO-9001

Penerapan standar sistem manajemen mutu ISO-9001 berarti melakukan pengaturan berbagai aktifitas dalam organisasi dan menerapkannya. Perubahan-perubahan dalam berbagai aktifitas yang selama ini dilakukan organisasi mungkin diperlukan untuk memenuhi persyaratan standar sistem manajemen mutu ISO-9001.
Satu hal yang mutlak diperlukan untuk memungkinkan perubahan terjadi dengan lancar adalah pengembangan'wawasan' dan kompetensi setiap karyawan yang terlibat dengan perubahan tersebut. Wawasan tentang manajemen mutu, alasan yang mendasari perubahan, manfaat yang akan timbul dari perubahan, pengetahuan tentang konsep dan teknik-teknik baru yang diperlukan harus dikembangkan dalam diri karyawan sebelum perubahan dapat dilakukan. Wawasan akan memunculkan kesadaran internal karyawan untuk melakukan perubahan dan memungkinkan terjadinya perubahan yang lancar dan permanen.

Penerapan standar sistem manajemen mutu ISO-9001 juga membutuhkan tahapan-tahapan yang sistematis, yang dimulai dari tahapan perencanaan perubahan, pelaksanaan, pemantauan dan tindak lanjut.

Pada umumnya organisasi dapat menerapkan standar sistem manajemen mutu ISO-9001 dalam waktu sekitar 6 bulan. Variasi waktu tergantung dari ketersediaan sumber daya dalam organisasi, komitmen pihak manajemen, praktek manajemen mutu yang sudah diterapkan dan pengaturan program.

Ukuran Keberhasilan dalam Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO-9001

Keberhasilan dalam penerapan ISO-9001 diukur dari 2 parameter dasar: Kesesuaian sistem manajemen dengan persyaratan ISO-9001 (yang berarti keberhasilan memperoleh sertifikat ISO-9001:2008) dan tingkat manfaat perbaikan yang diperoleh.

Setiap organisasi mendapat manfaat perbaikan dalam tingkat yang berbeda-beda, tergantung dari cara dan metoda yang dipilih untuk memenuhi persyaratan dan efektifitas perubahan yang dilakukan.

Ir. Iim Ibrohim
Konsultan iso 9001, 14001, TS 16949, OHSAS 18001

http://www.ibrosys.com/manajemen-mutu/58-standar-sistem-manajemen-mutu-iso-9001-pengetahuan-dasar.html[b]

7Standarisasi ISO Empty tugas standarisasi ISO Sun May 27, 2012 3:18 pm

ani hidayah

ani hidayah

ISO 9001:2000 Sebagai Standar Kualitas yang Baik
Arrow Arrow klik disini Laughing Laughing :

AINUL YAQIN

AINUL YAQIN

Arrow Arrow Arrow Penerapan ISO 9001:2008
Bidang manajemen mutu di SMK bounce bounce bounce



Basketball TOUCH HERE !!! Sleep :



Terakhir diubah oleh AINUL YAQIN tanggal Wed Jun 06, 2012 7:24 pm, total 3 kali diubah

9Standarisasi ISO Empty Re: Standarisasi ISO Mon May 28, 2012 11:54 am

must_edy



Edi Susanto
NIM 10010860


ISO 9000 MERUPAKAN MODEL STANDARISASI KUALITAS
DI DUNIA PENDIDIKAN


Selengkapnya:

10Standarisasi ISO Empty Re: Standarisasi ISO Mon May 28, 2012 2:14 pm

Budiyanto

Budiyanto

ARTI & MANFAAT ISO 9001

ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).
ISO 9001:2008 merupakan sistem penjaminan mutu, yaitu mekanisme standar yang disusun, disepakati, dan diterapkan oleh suatu organisasi dalam menjalankan aktivitas suatu perusahaan. Sistem ISO 9001:2008 secara jelas akan menjelaskan bagaimana perusahaan beroperasi. Bagaimana perkerjaan mengalir dari satu aktifitas ke aktifitas lain. Penanganan pekerjaan mulai dari customer, input ke dalam masing-masing proses, dan output yang dihasilkan dari setiap proses. Parameter-parameter fisik dari hasil pekerjaan, yang menentukan apakah hasil tersebut memenuhi prasayarat kualitas yang telah di tentukan dan disepakati atau belum.

Penerapan & Implementasi ISO 9001:2008 tidak hanya sekedar copy paste prosedur yang ditetapkan, jika perusahaan ingin mendapatkan nilai tambah dari pada system ISO 9001:2008, maka implementasi harus benar - benar dijalankan secara maksimal dan perlu komitmen manajemen yang bagus. oleh karnanya tugas dari pada seorang konsultan ISO 9001:2008 tidak hanya sekedar bisa menerapkan system ISO 9001:2008 di perusahaan terkait namun seorang konsultan ISO 9001:2008 harus mampu memotivasi & berinovasi ke perusahaan terkait sehingga manfaat ISO 9001:2008 benar – benar bisa di rasakan oleh seluruh karyawan & perusahaan.
Manfaat Penerapan ISO 9001:2008 adalah :

• Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

• Jaminan Kualitas Produk dan Proses

• Meningkatkan Produktivitas perusahaan & “market gain”

• Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan

• Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan

• Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

• Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk

• Meningkatkan komunikasi internal


• Meningkatkan image positif perusahaan

• Sistem terdokumentasi

• Media untuk Pelatihan dan Pendidikan

ISO 9001:2008 berisi standard / elemen yang memungkinkan organisasi / industry dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan ( Continual Improvement ) pada :

1. Proses yang terkait dengan pelangan

2. Sistem Kepemimpinan / Leadership

3. Manajemen sumber daya

4. Perbaikan dan peningkatan proses

5. Sistem manajemen

6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan

7. Pengambilan keputusan yang Factual

8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok


Sumber: consultantiso.blogspot.com/2009/02/5-lima-langkah-mudah-menerapkan... -

11Standarisasi ISO Empty Re: Standarisasi ISO Sun Jun 03, 2012 5:05 am

dyan apsari

dyan apsari

DIAN APSARI
10010857


MENGULAS ISO 14001



bounce bounce selengkapnya bounce bounce :
cherry cherry cherry cherry cherry

12Standarisasi ISO Empty STANDARISASI ISO Sun Jun 03, 2012 10:53 am

adi_wibowo

adi_wibowo

Banyak perusahaan perusahaan dan industri nasional Indonesia maupun perusahaan Internasional sekarang ini dalam manajemen dan standar perencanaan perusahaan sudah mengikuti standarisasi. Standarisasi merupakan spesifikasi teknis dan panduan mengenai aturan, petunjuk,definisi deskrpsi serta larangan yang didokumentasikan secara terstruktur untuk mendapatkan input, proses dan hasil yang sama sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Untuk mendapatkan input, proses dan hasil yang sama sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan maka diperlukan yang namanya standarisasi. Istilah standar menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) sebenarnya adalah ukuran tertentu yg dipakai sbg patokan. Ini berarti perusahaan sudah mempunai patokan acuan tertentu untuk mengikuti standar.

Ada berbagai patokan standarisasi yang dipakai oleh perusahaan Indonesia. Perusahaan bisa menetapkan standarisasi sendiri untuk perusahaannya atau mengikuti aturan standar dokumentasi dalam perusahaan untuk menajamen seperti mengikuti standarisasi yang sudah dikenal dalam model standarisasi seperti ISO maupun SNI.

ISO
ISO atau Internasional Organization for Standardization adalah Organisasi yang mengurusi perkembangan dan publikasi mengenai standarisasi Internasional. ISO adalah lembaga yang terhubung dengan institusi standarisasi masing masing negara meliputi 162 negara, satu negara mempunyai satu perwakilan, dengan kantor sekretariat koordinasinya berada di Genewa, Swiss. ISO ini adalah organisasi non pemerintah yang menghubungkan antara sektor publik dan sektor swasta. Banyak anggota dari intitusi ini yang juga secara struktur adalah anggota dari pemerintahan yang ada di masing masing negaranya.

Kata ISO itu bukan merupakan kepanjangan dari nama organisasinya. Nama organisasinya sebenarnya adalah Internasional Organization for Standardization yang disingkat IOS. Namun karen pendiri dari ISO ingin memberikan nama singkat untuk semua tujuan penamaan maka diberi nama ISO yang juga dalam bahasa Yunani berarti “Equal atau sama”. Oleh karena itu sekarang nama standarisasi di berbagai negara mempunyai penamaan ISO. Semisal ISO 9000 mengenai manajemen mutu, ISO 14000 ISO mengenai manajemen lingkungan, ISO 26000 mengenai Manajemen CSR (Coorporate social Responsibility), ISO 31000 mengenai manajemen resiko.

Mengapa Standarisasi ISO diperlukan

Standarisasi ISO diperlukan karena untuk memastikan dan menghasilkan karakteristik produk dan jasa yang diinginkan seperti kualitas, kondisi lingkungan yang sesuai, keamanan dan safety, reliabilitas, efisiensi dan interchangeability dan tentu saja untuk mendapatkan biaya yang ekonomis.

Ketika produk atau jasa itu sesuai dengan ekspektasi dari hasil standarisasi maka kita tinggal mendapatkan kualitas yang diinginkan. Namun jika kita tidak sesuai dengan standar maka yang terjadi adalah kualitas yang buruk, tidak kompatibel dengan peralatan yang sudah ada, berbahaya untuk digunakan. Jika produk, sistem, mesin atau peralatan sesuai dengan standar maka akan mudah untuk digunakan dan sesuai dengan keamanan.

Manfaat Standarisasi ISO

Ada berbagai manfaat standarisasi ISO yaitu
Membuat pengembangan dalam manufaktur dan persediaan dari produk dan jasa menjadi lebih efisien, lebih aman dan lebih bersih.

Menghubungkan perdagangan antara negara-negara sehingga lebih adil karena persamaan standarisasi.
Menjadikan panduan teknis kepada pemerintah di setiap negara mengenai kesehatan, kebijakan lingkungan dan keamanan, dan mengenai penilaian kenyamanan.
Berbagai pemanfaatan teknologi dan pengembangan manajemen yang bagus.
Menyebarkan Inovasi
Mendapatkan perlindungan konsumen dan pengguna secara umum mengenai produk dan jasa.
Menjadikan hidup lebih sederhana dengan menyediakan solusi untuk permasalahan umum.

Itulah pengantar mengenai ISO.
sumber: aguswibisono.com/2011/apa-itu-standarisasi-internasional-iso-sni/

13Standarisasi ISO Empty Re: Standarisasi ISO Sun Jun 03, 2012 11:32 am

Bejo Kabul

Bejo Kabul

Standarisasi Internasional (ISO)

Banyak perusahaan perusahaan dan industri nasional Indonesia maupun perusahaan Internasional sekarang ini dalam manajemen dan standar perencanaan perusahaan sudah mengikuti standarisasi.Standarisasi merupakan spesifikasi teknis dan panduan mengenai aturan, petunjuk,definisi deskrpsi serta larangan yang didokumentasikan secara terstruktur untuk mendapatkan input, proses dan hasil yang sama sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Untuk mendapatkan input, proses dan hasil yang sama sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan maka diperlukan yang namanya standarisasi. Istilah standar menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) sebenarnya adalahukuran tertentu yg dipakai sbg patokan. Ini berarti perusahaan sudah mempunai patokan acuan tertentu untuk mengikuti standar.
Ada berbagai patokan standarisasi yang dipakai oleh perusahaan Indonesia. Perusahaan bisa menetapkan standarisasi sendiri untuk perusahaannya atau mengikuti aturan standar dokumentasidalam perusahaan untuk menajamen seperti mengikuti standarisasi yang sudah dikenal dalam model standarisasi seperti ISO maupun SNI.
ISO
ISO atau Internasional Organization for Standardization adalah Organisasi yang mengurusi perkembangan dan publikasi mengenai standarisasi Internasional. ISO adalah lembaga yang terhubung dengan institusi standarisasi masing masing negara meliputi 162 negara, satu negara mempunyai satu perwakilan, dengan kantor sekretariat koordinasinya berada di Genewa, Swiss. ISO ini adalah organisasi non pemerintah yang menghubungkan antara sektor publik dan sektor swasta. Banyak anggota dari intitusi ini yang juga secara struktur adalah anggota dari pemerintahan yang ada di masing masing negaranya.
Kata ISO itu bukan merupakan kepanjangan dari nama organisasinya. Nama organisasinya sebenarnya adalah Internasional Organization for Standardization yang disingkat IOS. Namun karen pendiri dari ISO ingin memberikan nama singkat untuk semua tujuan penamaan maka diberi nama ISO yang juga dalam bahasa Yunani berarti “Equal atau sama”. Oleh karena itu sekarang nama standarisasi di berbagai negara mempunyai penamaan ISO. Semisal ISO 9000 mengenai manajemen mutu, ISO 14000 ISO mengenai manajemen lingkungan, ISO 26000 mengenai Manajemen CSR (Coorporate social Responsibility), ISO 31000 mengenai manajemen resiko.
Mengapa Standarisasi ISO diperlukan
Standarisasi ISO diperlukan karena untuk memastikan dan menghasilkan karakteristik produk dan jasa yang diinginkan seperti kualitas, kondisi lingkungan yang sesuai, keamanan dan safety, reliabilitas,efisiensi dan interchangeability dan tentu saja untuk mendapatkan biaya yang ekonomis.
Ketika produk atau jasa itu sesuai dengan ekspektasi dari hasil standarisasi maka kita tinggal mendapatkan kualitas yang diinginkan. Namun jika kita tidak sesuai dengan standar maka yang terjadi adalah kualitas yang buruk, tidak kompatibel dengan peralatan yang sudah ada, berbahaya untuk digunakan. Jika produk, sistem, mesin atau peralatan sesuai dengan standar maka akan mudah untuk digunakan dan sesuai dengan keamanan.
Manfaat Standarisasi ISO
Ada berbagai manfaat standarisasi ISO yaitu
Membuat pengembangan dalam manufaktur dan persediaan dari produk dan jasa menjadi lebih efisien, lebih aman dan lebih bersih.
 Menghubungkan perdagangan antara negara-negara sehingga lebih adil karena persamaan standarisasi.
 Menjadikan panduan teknis kepada pemerintah di setiap negara mengenai kesehatan, kebijakan lingkungan dan keamanan, dan mengenai penilaian kenyamanan.
 Berbagai pemanfaatan teknologi dan pengembangan manajemen yang bagus.
 Menyebarkan Inovasi
 Mendapatkan perlindungan konsumen dan pengguna secara umum mengenai produk dan jasa.
 Menjadikan hidup lebih sederhana dengan menyediakan solusi untuk permasalahan umum.

Sumber : http://aguswibisono.com/2011/apa-itu-standarisasi-internasional-iso-sni/

14Standarisasi ISO Empty Re: Standarisasi ISO Sun Jun 03, 2012 1:01 pm

dwi yuliana

dwi yuliana

Mad APA ITU ISO 22000 Mad :


SUMBER = http://www.nqa.com/in/atozservices/article.asp?SECTION=274&ARTICLE=254

Sponsored content



Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Similar topics

-

» Standarisasi ISO

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik